374 Jemaah Sudah Diterbangkan ke Madinah
Cari Berita

Advertisement

374 Jemaah Sudah Diterbangkan ke Madinah

Kamis, 25 Mei 2023



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Sebanyak 374 Calon Jemaah Haji (CJH) propinsi Riau telah diterbangkan ke Batam  dengan dua penerbangan. Setelah itu dilanjutkan untuk diterbangkan menuju Madinah pada pukul 17.00 wib Rabu (24/5) kemarin dan diperkirakan tiba di Madina hari ini Kamis (25/5). Demikian disampaikan Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Riau Mahyuddin didampingi Wakil Ketua I Panitia Penyelenggara Ibadah Haji (PPIH) Embarkasi Haji Antara (EHA) Riau, Kamis (24/5).

Mahyuddin juga menjelaskan bahwa, Embarkasi Haji Antara Riau  tahun 1444 H/2023 M ini setiap harinya akan memberangkatkan Jemaah haji sebanyak 5.047 orang jemaah.

"Sampai hari ini kuota kita berjumlah 5.047. insyaallah akan diberangkatkan setiap hari. Kita juga sedang menunggu karena ada kuota tambahan dari Arab Saudi sebanyak 8.000 dan sekarang sedang digodok bersama Komisi VIII dengan Badan Pengelola Keuangan Haji. Mudah - mudahan ada tambahan untuk kita,"terangnya.

Selanjutnya Mahyudin juga mengatakan panitia Embarakasi Haji Antara Riau hari ini juga akan menerima jemaah haji Kloter BTH 04 atau Kloter Kedua Riau.

"Insyaallah kita juga nanti malam akan menerima kloter BTH 04 atau dua Riau yang berasal dari Kabupaten Kampar,"lanjutnya.

Kita akan berikan layanan terbaiknya kepada jemaah haji. Oleh karena itu saya tekankan kepada seluruh petugas untuk mengutamakan pelayanan kepada jemaah lansia.

"Karena tahun ini adalah haji ramah lansia kita sudah arahkan seluruh petugas bagaimana supaya mereka memberikan pelayanan kepada jemaah lansia dan sudah kita mulai ketika masuk ke asrama untuk jemaah lansia kita beri prioritas pertama untuk diberikan pelayanan, karena memang haji ramah lansia bahagian dari peningkatan layanan kepada jamaah haji,"ujar Kakanwil.

Hingga hari pertama ini PPIH Embarkasi Haji Antara Riau sudah memberangkatkan 367 Jrmaah Haji Reguler, 5 Orang Petugas Kloter yang terdiri dari TPHI, TPIHI dan TKHI serta 2 Orang PHD.

Secara nasional, pada hari kedua kedatangan jamaah Indonesia, sebanyak 15kloter akan tiba di Madinah. Berdasarkan data yang disampaikan PPIH Arab Saudi, hari ini akan ada 15 jadwal penerbangan dari embarkasi asal Indonesia. Diperkiraan akan ada lebih dari 5.700 jamaah mendarat di Bandara Internasional Amir Muhammad bin Abdul Azis, Madinah.

Dimulai pada pukul 02.20 waktu arab Saudi yang berasal dari Embarkasi JKG (Jakarta-Pondok Gede). Dari JKG ada empat kloter masing masih pukul 02.20, 08.30, 17.40 dan 00.50 waktu Arab Saudi. Sedangkan embarkasi SOC (Solo) juga ada tiga kloter (07.10, 07.55 dan 17.50 waktu Arab Saudi). Embrakasi Ujung Pandang (UPG) dan Kualanamo (KNO) masing masing memberangkatkan satu penerbangan di pukul 06.30 sera 12.50.

Dari Embarkasi JKC (Jakarta Bekasi) akan menerbangkan dua kloter yaitu 3 serta 4 dan akan mendarat di Bandara Internasional AMMA Jedah pada pukul 19.40 dan 21.00. Sedangkan dari embarkasi BTJ (Aceh), KNO (Kualanamo) memberangkan satu kloter yaitu 09.50 serta 12.50.

Embarkasi lain adalah BTH (Batam) pukul 17.45 dan SUB (Surabaya) masing masing masing di pukul 20.50 serta 22.50. Sehingga total akan ada 15 penerbangan yang mengangkut jemaah haji asal Indonesia menuju Madinah, dengan lebih dari 5700 jemaah berada di dalamnya.

Dari hari pertama kemarin, kedatangan jamaah berlangsung dengan baik. Arus keluar jamaah juga bisa berlangsung dengan cepat. Salah satu faktornya adalah keberadaan jalur fast track untuk jamaah haji JKG.(pr-1)