Sebelum Keberangkatan JCH, PHD Riau dan KBIHU akan Gelar Manasik Haji Akbar
Cari Berita

Advertisement

Sebelum Keberangkatan JCH, PHD Riau dan KBIHU akan Gelar Manasik Haji Akbar

Minggu, 30 April 2023

Para calon JCH diberikan pembekalan terkait manasik haji jauh-jauuh hari sebelum keberangkatan mereka untuk menunaikan Ibadah Haji ke tanah suci Mekkah dan Madinah. dok
 

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Sebelum keberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH) Riau tahun 1444 H/2023 ke Tanah Suci Mekkah, 

Forum Petugas Haji Daerah  (FPHD) bekerjasana dengan Forum Komunikasi Kelompok Bimbingan Ibadah Haji Umroh (KBIHU) Provinsi Riau, Kamis (4/5) akan menggelar Manasik Haji Akbar di Masjid Agung An-Nur Kota Pekanbaru.


Ketua Forum PHD Riau, DR (HC) Nazri S.Th.I, M.Pd kepada wartawan di Pekanbaru, Minggu (30/4) mengatakan, Manasik Haji Akbar ini dilaksanakan atas kolaborasi FPHD Riau dengan KBIHU Riau. "Insya Allah PHD Riau dan KBIHU Riau sudah punya komitmen untuk memberikan bekal manasik kepada JCH Riau," ujar DR Nazri.


Dikatakan Ustad Nazri, karena kondisi jarak dan pertimbangan lainnya, peserta Manasik Haji Akbar adalah JCH yang berdekatan dengan Kota Pekanbaru. Seperti Kampar, Duri, Dumai sebagian Pelalawan dan JCH Pekanbaru. 


Menurut Nazri, pertimbangan lainya adalah menyangkut stamina para JCH, jika mereka jauh-jauh datang ke Pekanbaru. "Selain itu, Kemenag kabupaten/kota juga dipastikan sudah memberikan bimbingan Manasik Haji di daerah nasing-masing," tutur Nazri. 


Dijelaskan Nazri, pada manasik haji tanggal 4 Mei nantinya, JCH akan dibekali dengan materi yang antara lain, Fiqih Safar (perjalanan) haji dan Rangkaian Ibadah Haji (Rukun Haji dan Wajib Haji).


Selain menerina bimbingan manasik haji, lanjut Nazri, Guberbur Riau H Syamsuar M.Si dan Kakanwil Kemenag Riau, Drs H Mahyudin MA juga akan menyampaikan pesan-pesan kepada JCH Riau agar ibadah haji tahun ini bisa lebih baik dari tahun-tahun sebelumnya.


"Yang pasti Manasik Haji Akbar ini tidak dipungut biaya apapun. Ini adalah salah satu bentuk komitmen, bentuk khikmad serta pengabdian PHD Riau agar penyelenggaraan ibadah haji tahun ini kualitasnya bisa semakin baik. Hal yang tidak kalah pentingnya adalah menjaga jamaah dan nama baik Riau," pungkas Nazri. (*/pr2)


Editor: M Ikhwan