Sambut Lebaran dan Peduli Sesama, UMRI dan Baznas Salurkan Bantuan Bagi 1.000 Dhuafa
Cari Berita

Advertisement

Sambut Lebaran dan Peduli Sesama, UMRI dan Baznas Salurkan Bantuan Bagi 1.000 Dhuafa

Sabtu, 08 April 2023

 

Gubri didampingi Rektor UMRI, Saidul Amin saat menyerahkan bantuan berupa uang tunai kepada 1.000 kaum dhuafa di Pekanbaru, Sabtu (8/4) di Halaman Kampus 2 UMRI Pekanbaru.

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Sebanyak 1.000 kaum dhuafa menerima bantuan berupa uang tunai dari Badan Amil Zakat (Baznas) Riau dan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI). 

Bantuan diserahkan langsung secara simbolis oleh Gubernur Riau, H Syamsuar didampingi Rektor UMRI, H Saidul Amin dan Pimpinan Baznas Riau, Sabtu (8/4) di Halaman Kampus 2 UMRI, Pekanbaru. 


Adapun bantuan uang tunai yang diberikan kepada 1.000 dhuafa dimana setiap orangnya mendapatkan Rp500 ribu. Turut hadir dalam  acara Ketua PW Muhammadiyah Jawa Tengah, Dr Tafsir. Kemudian, ribuan kaum duafa penerima bantuan juga turut diberikan takjil dan makanan berbuka puasa bersama.


Dikatakan Gubri, bahwa apa yang dilakukan oleh UMRI ini patut diapresiasi. Apalagi, jumlah kaum duafa di Pekanbaru sekitarnya masih tergolong banyak. Karena membantu kaum dhuafa adalah tugas bersama. Terlebih di bulan ramadhan dimana umat Islam didorong melakukan kebaikan dan saling berbagi dengan sesama. Salah satu tujuannya adalah kaum duafa.


Ia berharap, kalangan lainnya turut beramal dan membantu kaum duafa. Terutama, kalangan yang punya rejeki lebih di bulan ramadhan ini. Diakui Syamsuar, saat ini memang sudah banyak pihak melakukan kegiatan serupa. Dia mendoakan, semua yang turut membantu duafa memperoleh amal ibadah yang baik.


Sementara itu, Rektor UMRI, Dr Saidul Amin, MA menjelaskan, untuk program ini, total dana yang disalurkan sekitar Rp1,3 miliar. Bantuan itu di antaranya berasal dari Baznas Riau sebesar Rp500 juta.


Kemudian, ada juga dari seorang pengusaha Riau bernama Lawanis yang menyalurkan bantuan sebanyak Rp100 juta. Ada juga dari Bank Riau Kepri Syariah dan pihak-pihak lainnya sebagai donatur.


Dijelaskan Rektor, bantuan berupa uang tunai ini diharap membantu para duafa memenuhi kebutuhan hidupnya. Terlebih, kondisi ekonomi saat ini belum terlalu baik. 


Di samping itu, Rektor juga berharap, para duafa yang hadir turut serta mendoakan UMRI di tengah-tengah masyarakat. Termasuk mendoakan UMRI agar menjadi perguruan tinggi yang lebih baik lagi ke depannya. Saidul yakin, doa-doa yang baik dari kaum duafa akan didengar oleh Allah SWT.


Ditambahkan Saidul, selain penyerahan bantuan, UMRI juga memiliki sejumlah kegiatan yang dilakukan untuk menghidupkan bulan ramadhan 1444H ini. Seperti, sejumlah perlombaan, baitul arqom untuk mahasiswa yang purna studi, baitul arqom untuk karyawan dan pimpinan serta kegiatan lainnya,"pungkasnya. (nie)