Langsung Turun ke Lokasi, Gubri Berjibaku Padamkan Karhutla di Dumai
Cari Berita

Advertisement

Langsung Turun ke Lokasi, Gubri Berjibaku Padamkan Karhutla di Dumai

Rabu, 26 April 2023

Gubernur Riau, Syamsuar tampak berjibaku padamkan Karhutla di Dumai. ist


DUMAI, PARASRIAU.COM - Gubernur Riau (Gubri) Syamsuar melakukan peninjauan sekaligus ikut memadamkan Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) di Kelurahan Pelintung, Kecamatan Medang Kampai, Rabu (26/4/2023).


Saat ini terlihat tim gabungan baik itu pemerintah daerah provinsi, Pemko Dumai dan TNI Polri terus berupaya melakukan pemadaman agar kebakaran yang terjadi tidak meluas.


"Hari ini kami melakukan peninjauan lokasi kebakaran hutan di Dumai dan Bengkalis, kita terus melakukan pemadaman, ini juga sebagai upaya kita agar tidak meluas," kata Syamsuar saat diwawancarai. 


"Hari ini kita juga dibantu helikopter dari perusahaan yang ada disekitar sini untuk melakukan pemadaman," tambahnya. 


Setelah melihat situasi yang ada dilapangan, Gubernur Syamsuar akan melaporkan kepada Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) pusat agar bisa dibantu untuk pemadaman karhutla yang terjadi karena saat ini baru dibantu garam untuk Teknologi modifikasi cuaca (TMC).


"Besok kami akan berangkat ke Jakarta untuk melaporkan kepada BNPB pusat," ujarnya


"Paling utama saat ini kita membutuhkan helikopter, heli yang membantu kita sekarang ini kapasitasnya sedikit sedangkan kalau dari BNPB kapsitasnya besar," terangnya. 


Mantan Bupati Siak dua periode ini berharap agar BNPB pusat bisa secepatnya membantu agar kebakaran hutan dan lahan yang terjadi secepatnya dapat dipadamkan.


"Diperkirakan karhutla yang terjadi di Dumai sekitar 60 hektar lebih dan juga ada karhutla di Bengkalis yang diperkirakan seratus hektar lebih, Mudah-mudahan tidak terlalu meluas," imbuhnya. 


Mengingat saat ini memasuki musim kemarau kering yang mana sebelumnya musim kemarau basah. Untuk itu Gubernur Syamsuar mengingatkan masyarakat agar tidak membakar.


"Yang membakar tentunya akan berhadapan dengan pihak kepolisian," pungkasnya. 


Sebelum peninjauan dan ikut melakukan pemadaman, Gubernur Syamsuar melaksanakan salat istisqa bersama masyarakat dan petugas di dekat posko terpadu kahrutla Dumai yang berada didekat lokasi kebakaran. 


Salat istisqa adalah salat sunah muakkad dua rakaat untuk meminta turunnya hujan kepada Allah. Selain itu orang nomor satu di Riau ini juga menyerahkan bantuan untuk masyarakat sekitar. (*)


Editor: M Ikhwan