Kemenag Kembali Buka Seleksi Calon Imam Masjid untuk Uni Emirat Arab
Cari Berita

Advertisement

Kemenag Kembali Buka Seleksi Calon Imam Masjid untuk Uni Emirat Arab

Rabu, 26 April 2023



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Kementerian Agama (Kemenag) kemabli membuka seleksi imam masjid untuk ditempatkan di Uni Emirat Arab (UEA). Pendaftaran dibuka hingga 9 Mei 2023 mendatang. 


Direktur Urusan Agama Islam dan Pembinaan Syariah Kemenag, Adib menyampaikan, pengiriman imam masjid ini merupakan bagian dari kesepakatan kerjasama Indonesia dan UEA.


"Sebelumnya, telah dikirim sebanyak 70 dari target 200 imam. Pada tahun 2023 ini Kemenag akan mengirim 130 imam untuk memenuhi target tersebut," ujarnya di Jakarta, Rabu (26/4).


Dia mengatakan, program pengiriman imam ini memberi peluang bagi penghafal quran dan qari terbaik Indonesia untuk berkarier di kancah internasional.


“Kita memberi kesempatan pada para hafiz di Indonesia untuk berkhidmat dan berkarier sebagai imam yang ditempatkan di masjid-masjid luar negeri, dalam hal ini Uni Emirat Arab,” ujarnya.


Adib berharap, imam yang dikirim dapat menjadi duta untuk mengharumkan nama Indonesia. “Imam yang dikirim ke UEA ini membawa nama Indonesia. Kita berharap yang direkrut dan dikirim ke sana adalah orang-orang terbaik yang akan membawa nama baik Indonesia di UEA,” terangnya.


Dia menambahkan, imam masjid asal Indonesia diminati otoritas UEA lantaran paham keagamaannya yang moderat. Hal ini menjadi nilai tambah selain kemampuan dalam membaca Al-Qur'an.


"Indonesia merupakan negara dengan jumlah umat Islam terbesar di dunia yang memiliki banyak lembaga pendidikan Islam. Paham keagamaan Islamnya moderat," tutup Adib.


Karakter ini, imbuhnya, menjadi bagian penting dalam ajaran Islam sebagai pembawa kasih sayang bagi semesta alam.


Di tempat terpisah, Kasubdit Kemasjidan Akmal Salim Ruhana menjelaskan, calon imam yang akan dikirim ke UEA harus memenuhi syarat berikut:


1. Hafal al-Qur’an minimal 20 Juz

2. Menguasai ilmu Tajwid (teori dan praktik)

3. Memiliki suara yang fasih dan merdu

4. Bisa berkomunikasi dalam Bahasa Arab

5. Memahami ilmu fikih

6. Memiliki keterampilan retorika dalam berdakwah dan berkhotbah

7. Berakhlak mulia

8. Berpaham Ahlussunnah wal Jamaah bi Manhaj Wasathiyyah

9. Sehat jasmani dan rohani

10. Tidak bergabung dalam partai politik

11. Usia minimal 21 tahun atau sudah menikah


Pendaftaran seleksi calon imam masjid di UEA dibuka hingga 9 Mei 2023. Pengumuman seleksi administrasi 10 Mei 2023, seleksi online 11-13 Mei 2023, pengumuman seleksi online 16 Mei 2023 dan seleksi wawancara secara luring pada 20-22 Mei 2023. 


Pendaftaran administrasi perlu melampirkan unggahan KTP dan sertifikat keterangan hafiz Al-Qur’an 20 juz. Pendaftaran dapat dilakukan melalui website bimasislam.kemenag.go.id pada menu ‘Seleksi Imam Masjid’. Kemenag juga membuka kanal pertanyaan melalui email imammasjid@kemenag.go.id. (ant/pr2)


Editor: M Ikhwan