HERSHARE 2023: Agar Perempuan Cerdas Mengelola Uang
Cari Berita

Advertisement

HERSHARE 2023: Agar Perempuan Cerdas Mengelola Uang

Jumat, 10 Maret 2023


SEMARANG, PARASRIAU.COM - Siapa sih yang paling berperan dalam mengelola keuangan keluarga? Jawabannya tentu saja “perempuan”. Jadi, keluarga yang sehat secara finansial, sudah pasti karena perempuan di keluarganya pintar mengelola keuangan.


Nah, untuk melahirkan perempuan yang cerdas secara finansial, Bursa Efek Indonesia (BEI) bersama SRO (Self-Regulatory Organization) lainnya di pasar modal dan pendukung pelaku pasar modal mengadakan kegiatan dengan judul “HERSHARE 2023”: Investing Made Easy for Women. 


Kegiatan ini diadakan dalam rangka memperingati Hari Perempuan Internasional, serta meningkatkan literasi dan penguatan peran perempuan khususnya di pasar modal syariah Indonesia. Ibukota provinsi yang terkenal dengan makanan khas lumpia, menjadi kota tempat kegiatan ini, dan mengambil lokasi acara di Ballroom Po Hotel, Semarang, Jawa Tengah.


Berdasarkan data Kustodian Sentral Efek Indonesia (KSEI) per Januari 2023, jumlah investor pasar modalmencapai 10.481.044 investor. Dari seluruh jumlah tersebut, sebanyak 37,47% adalah perempuan, dengan total aset sebesar Rp280,43 triliun (20% dari total aset investor pasar modal). Dari seluruh jumlah tersebut, sebanyak 6,57% adalah ibu rumah tangga, dengan total aset sebesar Rp75,99 triliun (5% dari total aset investor pasar modal).


Selain itu, berdasarkan Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan (SNLIK) 2022 yang diselenggarakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK), dari sisi gender, untuk pertama kalinya, indeks literasi keuangan perempuan lebih tinggi yakni sebesar 50,33% dibandingkan laki-laki 49, 05%. Di sisi lain, indeks inklusi keuangan laki-laki lebih tinggi yakni sebesar 86,28%, dibanding indeks inklusi keuangan perempuan di angka 83,88%.


Berdasarkan Strategi Nasional Literasi Keuangan Indonesia (SNLKI) 2021 – 2025 yang diterbitkan oleh OJK, perempuan dan ibu rumah tangga termasuk dalam 10 sasaran prioritas kegiatan literasi keuangan. Sehingga dengan potensi peningkatan investor perempuan yang lebih tinggi untuk investasi khususnya di pasar modal syariah dan sebagai upaya untuk memanfaatkan momen Hari Perempuan Internasional bertepatan pada tanggal 8 Maret 2023 lalu, BEI, KPEI dan KSEI berinisiatif untuk menyelenggarakan acara “HERSHARE 2023” ini.


BACA JUGA: IOH Terus Dorong Pertumbuhan Industri Telekomunikasi dan Ekonomi Digital Indonesia HERSHARE menjadi kegiatan yang berfokus pada peran perempuan untuk mendorong aktivitas investasi khususnya di pasar modal syariah yang rangkaiannya terdiri dari talk show, peluncuran IDX Islamic Challenge 2023, doorprize, dan entertainment. Selain itu, diselenggarakan juga Training of Trainers untuk marketing dan sales AB-SOTS, Galeri Investasi Syariah BEI dan Kantor Perwakilan BEI.


Penyelenggaraan HERSHARE 2023 diharapkan dapat meningkatkan literasi dan penguatan peran perempuan khususnya di pasar modal Indonesia, dan memfokuskan pada investasi syariah dengan melihat mayoritas perempuan muslim, serta konsep ekonomi syariah yang dapat dijalankan tidak hanya bagi investor beragama Islam, juga bagi semua agama. Karena prinsip adil, halal, bebas riba juga berlaku bagi semua agama.


Peserta yang menghadiri HERSHARE terdiri dari dua kelompok yaitu peserta undangan dan peserta umum. Peserta undangan adalah peserta yang diundang ke venue. Peserta undangan yang hadir adalah sebanyak 170 orang yang terdiri dari AB-SOTS, Komunitas, Galeri Investasi Syariah, dan Investor Syariah. Sementara peserta umum adalah peserta yang mengikuti kegiatan ini melalui live streaming di Youtube Bursa Efek Indonesia.


Penyelenggaraan HERSHARE 2023 diawali dengan opening ceremony, yaitu pembukaan pembukaan oleh Direktur Keuangan dan Sumber Daya Manusia PT Bursa Efek Indonesia, Ibu Risa Effennita Rustam, yang juga merupakan The WFE's Women Leaders 2022, dan Direktur Pengawasan Lembaga Jasa Keuangan Kantor Otoritas Jasa Keuangan Regional 3 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY), Bapak Heru Prasetio, yang juga secara resmi membuka rangkaian acara HERSHARE 2023.


Pembukaan rangkaian HERSHARE ditandai dengan pemutaran video prosesi pembukaan HERSHARE 2023 dan video peluncuran program IDX Islamic Challenge 2023. Program IDX Islamic Challenge 2023 juga menjadi program apresiasi bagi investor saham syariah yang aktif bertransaksi melalui platform Anggota Bursa yang menyediakan layanan Sharia Online Trading System (SOTS) yang dilaksanakan secara rutin setiap tahun. 


Pada tahun 2023, terdapat 13 AB-SOTS yang mengikuti program IDX Islamic Challenge. Program IDX Islamic Challenge diharapkan dapat mendorong investor syariah untuk lebih aktif bertransaksi.


BACA JUGA: Massa APMP Kembali Desak Kejati Riau Periksa Bos PT Surya Dumai Grup

Rangkaian acara HERSHARE 2023 dilanjutkan dengan sesi talk show yang dipandu oleh Prischila Kadir, Head of Public Relations and Media Investor Saham Pemula, dan pembicara oleh 3 pemateri, yaitu, Frisca Devi, Founder Ngerti Saham, Aliyah Natasya, Perencana Keuangan, dan Zhakiah Joban, Pengusaha Wanita.


Selanjutnya, acara dilanjutkan dengan hiburan oleh Figura Renata. Setelah itu, kegiatan HERSHARE dilanjutkan dengan kegiatan Training of Trainers (TOT) untuk Galeri Investasi Syariah dan penjualan AB-SOTS dari Jawa Tengah dan DI Yogyakarta secara memikat, dan Galeri Investasi Syariah dan penjualan AB-SOTS dari bagian Indonesia lainnya secara berani. (*)


Editor: M Ikhwan