Program Kemitraan Bidang Pendidikan UIR dan PHR Meliputi Empat Sasaran
Cari Berita

Advertisement

Program Kemitraan Bidang Pendidikan UIR dan PHR Meliputi Empat Sasaran

Sabtu, 11 Februari 2023


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Program Studi Teknik Perminyakan Universitas Islam Riau (UIR) sukses menjalankan program kemitraan bidang pendidikan dengan salah satu perusahaan eksplorasi minyak bumi yaitu PT Pertamina Hulu Rokan (PHR). 


Selama kurun waktu satu tahun dari awal tahun 2022 hingga akhir terjalin dengan sangat baik, sejumlah kegiatan yang dilaksanakan oleh kedua pihak dilaksanakan dengan sukses dan diapresiasi banyak pihak. 


“Program kemitraan PHR dengan Teknik Perminyakan UIR sangat banyak sekali. Kegiatannya sangat luar biasa, tidak hanya mendukung kegiatan mahasiswa, dukungan penuh juga diberikan kepada dosen,” kata Kepala Prodi Perminyakan, Novia Rita di sela-sela acara Penutupan Program Kemitraan UIR-PHR 2022 di Auditorium Gedung Rektorat UIR, Rabu (8/2/2023).


Program kemitraan UIR dan PHR yang telah dilaksanakan meliputi empat sasaran yakni mahasiswa, sumber daya manusia, pendidikan dan penelitian. Melalui program beasiswa mahasiswa, PHR mendukung mahasiswa Prodi Perminyakan UIR menimba ilmu di dua kampus terbaik bidang perminyakan di Asia tenggara, Chulalongkorn University Thailand dan Ho Chi Minh City University Of Technology vietnam. 


“Tentunya kami berharap mahasiswa yang mengikuti program tersebut membawa hasil yang baik, dapat membuka wawasan mahasiswa dalam skala nasional maupun internasional,” ujarnya. 


Selain itu, PHR juga mendukung dosen Prodi Perminyakan untuk mengikuti program Konferensi Internasional di Oman. Begitu pula dukungan untuk persiapan program pendidikan S3 dosen baik di kampus dalam negeri maupun luar negeri serta mendukung penelitian ataupun riset bersama kampus terkemuka di luar negeri.


"Tahun ini kami juga mengirim beberapa orang dosen nantinya akan berkolaborasi melakukan riset dengan beberapa negara baik itu timur tengah maupun eropa," jelasnya. 


Novia mengaku bangga bisa bekerja sama dengan PHR. Kegiatan yang sudah terlaksana diharapkan dapat meningkatkan sumber daya manusia (SDM) mahasiswa dan dosen di Prodi Perminyakan UIR. Kemitraan ini juga diharapkan dapat mendukung Prodi Perminyakan UIR menjadi program unggulan baik nasional maupun internasional.  


“Kami berharap di tahun 2023 PHR kembali dapat mendukung kegiatan-kegiatan mahasiswa dan dosen sehingga meningkatkan tujuan sumber daya manusia dapat terwujud,” ungkapnya. 


Mewakili Direktur Utama PT. PHR, Manager External Communication and Stakeholder Relation South PHR Wan Dedi Yudistira menutup secara resmi program kemitraan antara PHR dan UIR tahun 2022. Dalam sambutannya, Wan Dedi mengatakan kemitraan dengan perguruan tinggi merupakan salah satu program tanggung jawab sosial dan lingkungan (TJSL) PHR di bidang pendidikan. 


Ditambahkan Wan Dedi, Kemitraan dengan perguruan tinggi ini bertujuan untuk meningkatkan akreditasi serta mendukung tercapainya sumber daya manusia dosen dan mahasiswa yang berkualitas. 


"PHR akan selalu bekerja sama dengan perguruan tinggi di Riau khususnya UIR yang memiliki rencana-rencana baik untuk kemajuan pendidikan. Kami juga memberikan apresiasi kepada UIR yang telah menjalin kerja sama dengan PHR WK Rokan dalam program CSR atau TJSL di bidang pendidikan ini," pungkasnya.  


Penutupan program kemitraan tahun 2022 antara PHR dan UIR diisi dengan kegiatan Seminar Internasional dengan tema "Chemical EOR: Past, Present, and Future". Seminar ini menghadirkan dosen tamu dari King Fahd University Arab Saudi, Muhammad Shahzad Kamal serta mengundang narasumber dari kalangan profesional, Gunawan selaku PE Team CEOR PHR WK Rokan.  


Pada sesi terakhir, peserta seminar juga diajak mengunjungi (Field Trip) View Station CEOR PHR WK Rokan, di Minas, pada Kamis 9 Februari 2023 yang ditunjukkan agar mahasiswa yang mengikuti field trip itu dapat menggali pengetahuan lebih dalam tentang metode Chemical EOR. (*)


Editor: M Ikhwan