LAZ Ummat Peduli Swadaya Ummah Bantu Korban Gempa Cianjur
Cari Berita

Advertisement

LAZ Ummat Peduli Swadaya Ummah Bantu Korban Gempa Cianjur

Rabu, 15 Februari 2023

 

Relawan Novi Elizon, perwakilan Azzuhra Grup menyerahkan Rutama bagi korban gempa di Cianjur, beberapa waktu lalu.

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Wujud kepedulian antar sesama, Lembaga Amil Zakat (LAZ) Swadaya Ummah yang bekerjasama dengan Az zuhra Grup penyerahan bantuan bagi korban gempa di Kabupaten Cianjur, Jawa Barat. Gempa yang terjadi pada 21 November 2022 lalu mengakibatkan banyak warga yang harus kehilangan tempat tinggal dan juga banyak fasilitas umum yang rusak. Bantuan yang diberikan yakni berupa bangunan rumah sementara umat (Rutama) dimana rumah ini nantinya bisa ditempati oleh beberapa Kelompok Keluarga (KK), sebagai tempat tinggal dan juga berteduh pasca gempa. 


Demikian disampaikan oleh Ketua LAZ Swadaya Ummah Pekanbaru Ahmad Rifai Ritonga didampingi Manager Program LAZ Ummat Peduli Rahmad, Kamis (15/2). 


Dikatakannya, bahwa pemberian bantuan tersebut merupakan kerjasama Swadaya Ummah dengan Az zuhra Grup, yang termasuk dalam program LAZ Ummat Peduli. Penyebaran bantuan di fokuskan pada tiga desa yang memiliki kerusakan terparah, yakni Desa Ciwalen, Desa Sukamaju dan Desa Mekar Sari. Dimana bantuan tersebut langsung diserahkan oleh Relawan LAZ Ummat Peduli Novi Elizon pada 31 Januari hingga 6 Februari lalu di Cianjur. 


“Bantuan ini disia-siakan untuk meringankan beban saudara-saudara di Cianjur pasca gempa yang kehilangan tempat tinggal. Dengan adanya bantuan Rutama ini maka diharapkan bisa menjadi sarana tempat tinggal, dimana pembangunan Rutama dibuat plong besar tanpa sekat. Sehingga bisa menampung lebih dari 1 KK, "ujarnya. 


Ia juga menjelaskan tidak hanya pembangunan Rutama saja, LAZ Ummat Peduli juga turut memberikan bantuan berupa sumur bor dengan 2 tengki, dan pembangunan fasilitas mandi, cuci, kakus (MCK) dan sanitasi air bersih untuk korban bencana gempa sebanyak 10 unit yang tersebar di 3 titik . Serta memberikan bantuan untuk pemahaman sarana ibadah yakni masjid yang diberikan untuk 1 masjid dilokasi gempa terarah. 


“Jadi nantinya sarana tersebut dapat digunakan untuk seluruh kebutuhan masyarakat dalam mendapatkan air bersih, dan untuk MCK dibangun secara permanen,” paparnya.


Ditambahkan Ahmad, dikesempatan itu juga turut diberikan bantuan gizi dan sembako bagi masyarakat khususnya bagi anak-anak. Begitupula memberikan pendampingan sebagai motivasi bagi masyarakat yang terkena gempa, tujuannya agar mereka yang menjadi korban gempa tidak merasa trauma dan bisa kembali membangkitkan semangat, untuk bisa beraktifitas kembali dan tidak larut-larut dalam kesedihan,”pungkasnya.(pr-1)