Jalin Silaturahmi, Media Center Umri Komparasikan Kehumasan dengan Unimma
Cari Berita

Advertisement

Jalin Silaturahmi, Media Center Umri Komparasikan Kehumasan dengan Unimma

Selasa, 14 Februari 2023


MAGELANG, PARASRIAU.COM - Rombongan Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Sabtu (11/2) pagi melakukan kunjungan silaturahmi ke Universitas Muhammadiyah Magelang (UNIMMA) di Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah.


Kunjungan UMRI yang dipimpin langsung oleh Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi, Jayus M Ikom dan Kabag Humas, M Anwar Siregar SH serta rombongan Media Center disambut hangat Wakil Rektor III UNIMMA Bidang SDM, Kerjasama dan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK), Dr M Tohirin.


Jayus dalam sambutannya mengatakan, kali ini Tim Media Center UMRI berkesempatan untuk bertukar pengalaman dengan Bidang Humas Unimma serta diharapkan bisa memberikan pencerahan bagi rekan-rekan jurnalis di tengah tantangan era digitalisasi dan media sosial. 


"Kami sebelum ini juga sudah melakukan kunjungan ke Universitas Muhammadiyah Yogyakarta (UMY) dan Universitas Ahmad Dahlan (UAD). Sekarang, kita coba berkunjung ke Unimma karena pasti ada hal berbeda yang bisa diambil disini. Di tengah tantangan era digitalisasi dan media sosial, peran media atau pers sangat dibutuhkan dalam memberikan dan penyebarluasan informasi ke masyarakat," ujar Jayus. 


Dalam kegiatan yang ke 5 pers tour ini, media center sengaja mengunjungi Unimma, karena sebagai salah satu universitas tua juga memiliki pola kerjasama dengan media yang begitu intens.


Sementara itu, Wakil Rektor III UNIMMA Bidang SDM, Kerjasama dan Al Islam Kemuhammadiyahan (AIK), Dr M Tohirin mengungkapkan bahwa dirinya sudah terlebih dahulu bersilaturahmi ke PTM yang berada di Kota Pekanbaru akhir September 2022 lalu. Saat berada di Kota Madani, dirinya mengisahkan bahwa UMRI memberikan sambutan yang sangat ramah, terasa seperti saudara sendiri.


Ia menilai, keramahan tersebut juga ditunjukkan oleh pihak UMRI dengan berbagai pihak di pemerintahan Provinsi Riau dan Kota Pekanbaru. Hal itu tentunya menjadi pengalaman yang baik bagi UNIMMA, sehingga keramahan serta kedekatan silaturahmi itupun harus dicontoh bagi yang lainnya.


"Saat kami (UNIMMA) ke sana (UMRI), Agustus lalu, sambutannya sangat luar biasa. Terasa sangat ramah seperti saudara sendiri. Kita juga disuguhkan salah satu makanan khas Riau yakni durian. Tentu itu menjadi bagian pengalaman baik yang bisa kami kembangkan di UNIMMA. Kami nilai UMRI punya nilai 99 keramahan dan kedekatan silaturahminya dengan berbagai pihak," ujarnya.


Menurut Tohirin, UNIMMA sendiri belum sebesar UMRI dari segi jumlah mahasiswanya maupun luas wilayahnya. Kata dia, jumlah seluruh mahasiswa UNIMMA baru mencapai 6.000 ribu mahasiswa, sedangkan jumlah mahasiswa UMRI sudah mencapai 12 ribu mahasiswa. Disamping itu, UNIMMA juga berada di tingkat kabupaten, sehingga luas kampusnya lebih kecil dibandingkan dengan UMRI yang letaknya berada di kotamadya.


"Tentu UNIMMA perlu banyak belajar dari UMRI. Bagi kami, UMRI itu kami anggap sebagai partner, bukan pesaing. UNIMMA itu kecil tapi indah, karena letaknya juga di kabupaten. Tapi walaupun begitu, kerukunan beragamanya menjadi prioritas kami. Artinya, pendidikan yang kami berikan adalah untuk seluruh manusia. Tidak melihat perbedaan agama. Kami melayani pendidikan seluruh anak negeri yang sama-sama menimba ilmu di UNIMMA," tuturnya.


Di akhir pertemuan, Tohirin berharap UNIMMA bisa lebih maju dalam melayani dunia pendidikan dengan sebaik-baiknya. Sementara itu, Dekan Fakultas Ilmu Komunikasi UMRI, Jayus M Ikom menyebutkan, maksud kedatangan pihaknya selain untuk silaturahim, juga untuk mengkomparasikan kehumasan di UNIMMA. pr1


Editor: M Ikhwan