Kunker Perdana 2023, Presiden Jokowi: Rumah Sakit Khusus Perlu Dibangun di Riau
Cari Berita

Advertisement

Kunker Perdana 2023, Presiden Jokowi: Rumah Sakit Khusus Perlu Dibangun di Riau

Kamis, 05 Januari 2023

Presiden Jokowi beserta rombongan saat melakukan kunjungan sekaligus mengecek langsung pelayanan di RSUD Arifin Achmad Kota Pekanbaru dan layanan BPJS. ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Presiden RI Joko Widodo memilih Riau sebagai daerah pertama dalam melakukan kunjungan kerja di awal tahun 2023.


Kehadiran Presiden di Bumi Lancang Kuning disambut meriah ribuan siswa dan masyarakat di sepanjang Jalan Sudirman, Kota Pekanbaru, pada Rabu (1/4/2023).


Dalam perjalanannya di Kota Bertuah, Presiden Jokowi bersama Gubernur Riau Syamsuar langsung mengarahkan ke RSUD Arifin Ahmad.


Meski sebelumnya tidak masuk dalam agenda kunker, di RSUD Presiden ternyata ingin melihat secara langsung bagaimana pelayanan BPJS kepada pasien.


Presiden ingin memastikan bahwa masyarakat telah menikmati dengan baik fasilitas yang diberikan BPJS.


Usai mengitari RSUD dan berinteraksi langsung dengan pasien dan petugas kesehatan, Presiden meluncur ke Pasar Bawah yang identik dengan julukan Pasar Wisata.


Di sini, Presiden ingin melihat geliat ekonomi, terutama setelah dicabutnya status PPKM. 


Selain memberikan bantuan, Presiden terlihat juga membeli beberapa barang dagangan.


Presiden Jokowi tampak akrab berkomunikasi dengan para pedagang dan masyarakat yang kebetulan sedang berbelanja di Pasar Bawah.


Setelah meninjau pasar bawah, Presiden beserta rombongan menuju Rumah Makan Abas yang letaknya tidak jauh dari pintu masuk Tol Pekanbaru-Bangkinang.


Usai makan siang dan salat zuhur, Presiden bersama rombongan, termasuk Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, Menteri BUMN Erick Tohir dan Menteri Sekretaris Negara Pratikno menuju Gerbang Tol Pekanbaru-Bangkinang di Kabupaten Kampar untuk meresmikan tol tersebut.


Saat peresmian, Jokowi mengatakan adanya jalan tol akan dapat menjadi percepatan mobilitas akses lalu lintas masyarakat, barang, dan jasa yang semakin baik. Sehingga menumbuhkan daya saing produk-produk yang ada di Provinsi Riau.


“Dan kita harapkan juga bisa mengolah sentra baru, pada akhirnya nanti akan membuka lapangan kerja, dan memberikan kesejahteraan kepada masyarakat,” ucapnya.


Selain itu, saat sesi wawancara, Presiden Jokowi sempat menanyakan mengenai pandangannya terhadap pelayanan dan fasilitas rumah sakit (RS) yang ada di Provinsi Riau, khususnya RSUD Arifin Ahmad.


Menurut Presiden, semua pasien telah dilayani dengan baik, termasuk juga BPJS sudah berjalan sesuai aturan.


Namun, menurut Presiden Jokowi, Provinsi Riau memerlukan Rumah Sakit khusus seperti RS Jantung atau RS Kanker.


Sebab itu, ke depan RS ini khusus dibangun di Provinsi Riau. “Tadi memang ada yang masih kurang, kebutuhan rumah sakit di Pekanbaru adalah Rumah Sakit khusus mungkin misalnya Jantung atau kanker,” katanya.


“Baru saya bertengkar tadi dengan Pak Gubernur Riau, tanahnya disiapin dari provinsi. Nanti kita bangunan dan lainnya,” lanjut Jokowi.


Lebih lanjut, Jokowi berharap dengan adanya nanti RS khusus tersebut masyarakat di Provinsi Riau dapat memanfaatkannya, sehingga dapat mengurangi warga Riau yang berobat ke luar negeri. 


“Dari Kementerian Kesehatan sudah membantu perawatan khusus jantung untuk kanker, tahun ini akan segera kami siapkan alkesnya. Artinya kita ingin mengurangi sebanyak-banyaknya warga kita yang berobat ke luar negeri," tutupnya. (*)


Editor: M Ikhwan