Dr Eng Muslim: Ini Kali Pertama Alumni FT UIR Raih Beasiswa di Kampus Negara Timur Tengah
Cari Berita

Advertisement

Dr Eng Muslim: Ini Kali Pertama Alumni FT UIR Raih Beasiswa di Kampus Negara Timur Tengah

Kamis, 26 Januari 2023

Dr Eng Muslim, Dekan Fakultas Teknik Universitas Islam Riau. ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Tengku Muhammad Sofyan Atsauri alumni Universitas Islam Riau (UIR) menorehkan prestasi. Pria yang akrab dengan Tengku, alumni Fakultas Teknik itu meraih prestasi di kancah internasional.


Alumni Teknik Perminyakan UIR tahun 2021 itu mendapatkan beasiswa Master Reguler di King Fahd University of Petroleum and Mineral (KFUPM) Dhahran Saudi Arabia, pada program studi Teknik Perminyakan dengan konsentrasi Teknik Reservoir.


Pada periode wisuda 2021, Tengku menjadi pemuncak. Kemudian ia menambah prestasi dengan berhasil meraih beasiswa internasional yang Didanai Penuh dari Fakultas Teknik Perminyakan dan Geosains KFUPM. Pencapaian itu berkat rekomendasi dari Dekan Fakultas Teknik Dr Eng Muslim ST MT dan Dosen Teknik Perminyakan yang sekaligus pembimbing skripsinya yaitu Fiki Hidayat M Eng.


Dr Eng Muslim, Dekan Fakultas Teknik turut bahagia sekaligus bangga atas berhasilnya Tengku Muhammad Sofyan Atsauri meraih beasiswa S2 di kampus Arab Saudi.


“Kami merasa bahagia sekaligus bangga atas berhasilnya ananda Tengku mendapatkan beasiswa S2 Fully Funded di King Fahd University. Beasiswa yang diterima pertama kali didapatkan di Negara Timur Tengah. Sebelumnya alumni FT mendapatkan beasiswa S2 di negara-negara Asia seperti Korea Selatan, Malaysia, Thailand dan Taiwan,” ujar Muslim.


Sebagai informasi, King Fahd University merupakan universitas terbaik di dunia. Kampus ini menempati peringkat ke-6 untuk Jurusan Perminyakan dan peringkat ke-160 dalam overall rangking oleh QS World University Rangking.


“Tentunya hal ini menjadi kebanggaan seluruh sivitas akademika alumni FT UIR. Mari kita dorong agar alumni FT UIR untuk terus meningkatkan kapasitasnya. Sehingga bisa bersaing baik di tingkat nasional mau pun internasional. Salah satu usahanya dengan melanjutkan studi S2 di dalam mau pun di luar negeri,” ujar Doktor lulusan Korea Selatan tersebut.


Dr Eng Muslim juga mengatakan Fakultas Teknik terus menggagas berbagai bentuk kerja sama dengan berbagai negara, khususnya yang di Asia. Sehingga dengan kerja sama itu, diharapkan berdampak positif baik bagi dosen maupun mahasiswa di FT UIR.


“Dengan adanya kerja sama Fakultas Teknik UIR bersama kampus di negara lain, diharapkan ada dampak positif untuk dosen mau pun mahasiswa di FT UIR. Hingga saat ini kampus di Malaysia dan Thailand meminta agar Fakultas Teknik UIR mengirimkan alumni-alumni terbaiknya, untuk diberikan beasiswa S2 di kampus mereka,” jelasnya. (*)


Editor: M Ikhwan