Dosen Psikologi UIR Gelar Pengabdian Masyarakat Tentang Manajemen Stres di Kuantan Mudik
Cari Berita

Advertisement

Dosen Psikologi UIR Gelar Pengabdian Masyarakat Tentang Manajemen Stres di Kuantan Mudik

Kamis, 26 Januari 2023


PADA era disrubsi sekarang ini manusia dihadapkan dengan perkembangan terknologi digital yang begitu pesat dan begitu cepat perubahan serta banyaknya tantangan atau permasalahan yang dihadapi oleh remaja.


Psikologi memandang periode remaja sebagai periode yang penuh gejolak dengan menamakan period of storm and stress. Artinya adalah masa yang penuh dengan konflik dan gejolak. 


Dan remaja sebagai generasi penerus bangsa serta agen perubahan, remaja memiliki peran yang penting dalam proses pembangunan dan berpartisipasi untuk menyelesaikan tantangan persoalan dalam bidang sosial dan lingkungan khususnya di era digital saat ini. 


Tatangan utama generasi muda dalam perkembangan digital adalah untuk tidak hanyut dan menjadi korban dari sisi negatif kemajuan teknologi, sehingga menjadi stres dan menghambat prestasi belajar di sekolah.


Menyadari akan permasalahan ini, maka dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau Dr. Fikri, S.Psi, M.Si dan Cutra Aslinda, S.Kom, M.Kom  melakukan Pengabdian kepada Masyarakat sebagai wujud dari Tri Darma Perguruan Tinggi dalam mengimplementasikan penelitian yang dilakukan di kampus dengan memberikan sebuah  penyuluhan kepada siswa-siswa SMAN 1 Kuantan Mudik Kabupaten Kuantan Singingi.


Hal ini bertujuan untuk mengedukasi remaja-remaja agar mengerti dan mempunyai keahlian dalam memanajemen stres yang dihadapinya. Adapun tujuan kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini adalah untuk memberikan pengetahuan dan kemampuan dari remaja untuk dapat mengelola stres jika dihadapkan dengan permasalahan kehidupan.


Kegiatan pengabdian masyarakat ini diikuti dengan penuh semangat dan antusias dari peserta pengabdian yang dihadiri juga oleh kepala sekolah, Aprinedi, S.Pd. MM dan guru-guru dari SMA 1 Kuantan Mudik. 


Kepala sekolah mengatakan bahwa kegiatan semacam ini sangat berguna bagi para siswa. Karena memberikan pengetahuan dan keahlian kepada siswa dalam mengelola stres mereka dan  berharap semoga kegiatan ini bisa dilaksanakan lain waktu dalam bentuk pengabdian dengan tema yang lainnya. ***


Penulis: Dr. Fikri, S.Psi, M.Si, Dosen Fakultas Psikologi Universitas Islam Riau.