MoU dengan SMK Labor Binaan FKIP UNRI, Ketum YLPI: Kita akan AdopsI Keunggulannya
Cari Berita

Advertisement

MoU dengan SMK Labor Binaan FKIP UNRI, Ketum YLPI: Kita akan AdopsI Keunggulannya

Kamis, 08 September 2022


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Ketua Umum Yayasan Lembaga Pendidikan Islam (YLPI) Riau, Dr Nurman MSI memboyong dua Kepala SMA di bawah naungan YLPI Riau berkunjung ke SMK Labor Binaan FKIP Pekanbaru, Kamis (8/9). 


Dua sekolah tersebut adalah SMA Serirama Program Vokasi dan SMA YLPI Marpoyan Pekanbaru.


"Kita tidak hanya kunjungan ke SMK Labor Binaan FKIP Pekanbaru saja, namun juga menyaksikan penandatanganan MoU antara dua sekolah dalam pengembangan pendidikan dan pelatihan," kata Nurman disela kunjungan ke SMK Labor Binaan FKIP Unri Pekanbaru, Kamis (8/9).


Selain Ketua Umum YLPI Riau, juga turut hadir Ketua Harian YLPI Riau Zulfikar Ahmad, Bendahara YLPI Riau H.M Arifin Boer, Ketua 1 Bidang Pendidikan YLPI Riau Dr. Dewi Fortuna, MSi, Anggota Bidang Pendidikan Dwi Hartati, Bidang Aset YLPI Riau Arif, Konsultan Pendidikan YLPI Riau Abdul Kadir dan Humas YLPI Riau Razni Aris.


Nurman mengatakan, MoU antara SMA Serirama dan SMA YLPI ini fokus dalam pendidikan dan pelatihan, pengembangan sumber daya manusia, sertifikasi kompetensi dan akreditasi sekolah. Kerjasama dengan sekolah yang sudah punya nama ditingkat nasional seperti juara pertama Perpustakan Digital tahun 2019.


"Jadi apa keunggulan SMK Labor yang dikembangkan di SMA Serirama maupun SMA YLPI akan kita adopsi. Untuk program vokasi di SMA Serirama yakni Bisnis Daring dan Pemasaraan, Kuliner dan Tata Boga dan terakhir Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)," kata Nurman.


Nurman mengakui kagum dengan sistem digital, penataan sudut dan ruang baca yang sangat kreatif sehinga siswa merasa nyaman membaca. Perpustakaan digital, sistem absensi siswa dan guru secara digital hingga materi ajar guru yang mengunakan sistem barcode.


"Apa yang saya lihat semua mengunakan digitalisasi yang memudahkan sistem proses belajar mengajar di sekolah," kata Nurman.


Sementara Kepala SMK Labor Binaan FKIP Unri, Hendripides menyambut baik atas kunjungan YLPI Riau ke sekolahnya. Tidak hanya kunjungan melihat sistem pendidikan di sekolah, namun dirinya bersama kepala SMA Serirama dan SMA YLPI Marpoyan melaksanakan MoU dalam penyelenggaraan pendidikan.


" Kita berterima kasih dijadikannya SMK Labor sebagai rujukan untuk pengembangan SMA Serirama Program Vokasi. Apalagi dua jurusan program vokasi di SMA Serirama ada juga di SMK Labor," kata Hendripides.


Hendripides mengatakan bahwa hampir setiap minggu ada saja sekolah yang mengunjungi sekolahnya terutama mencari informasi Perpustakaan Digital M Zein. Kunjungan tidak hanya sekolah di Riau, tapi sekolah diluar Riau juga banyak studi banding diantaranya SMKN 1 Solok, SMKN 1 Padang Pajang, SMAN 3 Bukit Tinggi. 


Sedangkan dalam provinsi ada SMKN 1 Kuala Kampar Pelalawan, SMKN 1 Kempas Inhil dan SMKN 1 Rambah Rohul." Kalau ditotalkan sudah ada 150 sekolah, perguruan tinggi yang berkunjung ke SMK Labor Binaan FKIP Unri Pekanbaru," kata Hendripides.


Kepala SMA Serirama Program Vokasi, M Yusuf mengatakan, sekolah yang dipimpinya ingin berbasis digital seperti yang dilakukan SMK Labor. Sistem digital mulai dari perpustakaan, administrasi maupun materi pembelajaran yang sudah mengunakan sistem barcode.


"Sistem digital ini yang akan kita kembangkan di SMA Serirama Program Vokasi," kata M Yusuf. (*)


Editor: M Ikhwan