Lewat Pemberdayaan UKMK Berbasis Kelapa Sawit, Bupati Alfedri Dukung Program Kemenkeu Satu
Cari Berita

Advertisement

Lewat Pemberdayaan UKMK Berbasis Kelapa Sawit, Bupati Alfedri Dukung Program Kemenkeu Satu

Rabu, 24 Agustus 2022

Bupati Alfedri melakukan janji peningkatan Kapasitas Pengelola Keuangan Daerah.

  

PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Bupati Siak, Alfedri menyambut baik program yang ditaja Kementerian Keuangan melalui Perwakilan Kementerian Keuangan Provinsi Riau yang berkomitmen mendukung pemberdayaan UMKM, termasuk sektor kelapa sawit untuk berkembang lebih pesat melalui APBN dari aspek permodalan murah, pembekalan keterampilan dan mekanisme pemasaran produk .


”Hari ini kita melakukan pemesanan kerjasama tentang Peningkatan Kapasitas Sumber Daya Manusia (SD) Pengelola Keuangan Daerah dan Penguatan Koordinasi Pengelolaan Keuangan Negara antara Perwakilan Keuangan Provinsi Riau dengan Pemerintah Daerah di Riau dan Talkshow “Sinergi Pemberdayaan UKMK berbasis Kelapa Sawit dan Peran Sawit dalam Penguatan Fiskal di Provinsi Riau,” kata Bupati Alfedri di halaman Kanwil Ditjen Perbendaharaan Provinsi Riau Jalan Jendral Sudirman, Pekanbaru, Riau, Selasa (23/8/2022).


Terkait peningkatan kapasitas sumber daya manusia (SDM) pengelola keuangan daerah dan koordinasi pengelolaan keuangan negara. “Kita harus banyak mengoordinasikan pemerintah pusat terkait peningkatan kapasitas SDM keuangan. Termasuk kita dukung Pemberdayaan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) Kemenkeu Satu di Sektor Kelapa Sawit di Provinsi Riau,” ucapnya.


Karena, kata dia, dari luasan lahan perkebunan kelapa sawit yang berada di Kabupaten Siak, harapannya menjadi sasaran program Kemenkeu Satu terutama Pemberdayaan UKMK berbasis Kelapa Sawit.


Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan (Kemenkeu) Riau, Ismed Saputra mengatakan, Badan Layanan Umum (BLU) bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS) menyelenggarakan Pameran dan Sosialisasi Sinergi Pemberdayaan Usaha Kecil, Menengah dan Koperasi (UKMK) Kemenkeu Satu di Sektor Kelapa Sawit di Provinsi Riau dari 23-25 ​​Agustus 2022. Kemenkeu Satu merupakan program bersama yang diinisiasi dan diimplementasikan bersama untuk kepentingan Kemenkeu. “Kemenkeu satu bercita-cita bersinergi serta berkolaborasi dalam memberikan kontribusi terbaik demi kemajuan negeri,” kata dia.


Katanya, kegiatan ini sejalan dengan visi hilirisasi industri kelapa sawit 2045. Indonesia akan menjadi pusat produsen dan konsumen produk turunan minyak kelapa dunia sehingga mampu menjadi penentu harga Crude Palm Oil (CPO) global.


Potensi produk sawit dan turunannya di Riau sangat besar, melihat potensi yang besar dari produk sawit dan turunannya di Riau, kegiatan ini diharapkan dapat menjadi sarana penyebarluasan informasi dan edukasi kepada khayalak luas tentang industri dan manfaat kelapa sawit beserta pengembangannya.


“UKMK pada sektor kelapa sawit berperan memanfaatkan 3,5% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB) Indonesia dan total menyerap 16 juta tenaga kerja,” ungkap Ismed.


Pada hari pertama, setelah pembukaan dilanjutkan dengan talk show bertema Sinergi Pemberdayaan UKMK berbasis Kelapa Sawit yang dibahas oleh Chief Change Management Officer II Central Transformation Office (CMO II CTO) Kemenkeu bersama dengan Ketua Umum Asosiasi Sawit.


Hari kedua, talkshow bertema Arah Riset Indonesia untuk Pengembangan Industri Perkebunan Sawit: Hulu dan Hilir oleh Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) dan Sosialisasi Program Penelitian dan Pengembangan BPDPKS oleh Komite Litbang BPDPKS. (Infotorial)