UIR Optimis Masuk Parameter World Class University
Cari Berita

Advertisement

UIR Optimis Masuk Parameter World Class University

Kamis, 09 Juni 2022



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Universitas Islam Riau (UIR) terus meningkatkan kualitas pendidikan tinggi berbasis Islam pada lembaga dengan memenuhi berbagai instrumen pendukung agar dapat bersaing di tingkat dunia.


Tak aya melalui UIR 2021-2041 yaitu “Menjadi Universitas Islam Kelas Dunia Berdasarkan Iman dan Taqwa” UIR sebagai institusi pendidikan dengan langkah pasti mewujudkan universitas Islam berkelas dunia dengan melaksanakan berbagai bentuk kerjasama, penelitian, pendidikan, pengembangan ilmu pengetahuan, dan pengabdian masyarakat yang tayang global dan internasional.


Salah satu parameter untuk masuk jajaran world class university adalah dengan masuk oleh World Class University (WCU) Analysis yang merupakan integrasi sistem Science and Technology Index Kemdikbud dengan indikator pemeringkatan Quacquarelli Symonds (QS) World University Ranking (WUR) yang dikembangkan oleh Direktorat Kelembagaan Ditjen Dikti Ristek.


Sistem ini dibuat untuk mendukung program program world class university di perguruan tinggi di Indonesia. Dengan Merujuk pada Analisis WCU tersebut perguruan tinggi di Indonesia diharapkan dapat mengembangkan strategi untuk bertransformasi menuju perguruan tinggi yang bereputasi dan di rekognisi dunia.


Rektor Prof. Dr. H. Syafrinaldi, SH, MCL mengatakan Universitas Islam Riau optimis bisa masuk dalam jajaran universitas kelas dunia oleh WCU Analisis sebagai salah satu pengembangan rencana jangka panjang yang menjadi rencana strategi (renstra) 2041 yang tertul UIR menjadi perguruan tinggi dunia


“Alhamdulillah sesuatu yang patut diapresiasi UIR sudah masuk dalam jejaring 20 besar daftar bersama universitas lainnya dari sekitar 4.500 universitas yang sebelumnya juga ikut serta, tugas kita saat ini adalah mengisi prestasi-prestasi yang dicapai oleh dosen dengan mengupload beberapa dokumen pada akun yang telah ada Sebelumnya di WCU Analysis tersebut,” ujar Syafrinaldi


Lebih lanjut, Syafrinaldi mengatakan ada beberapa indikator-indikator penilaian yang dilakukan oleh WCU Analysis seperti kinerja kelembagaan, mutu akademik, dosen dan mahasiswa asing, rasio dosen dan mahasiswa, serta publikasi dan sitasi.


“Dengan masuknya UIR pada jajaran daftar penilaian oleh WCU Analysis ini merupakan tantangan bersama bukan hanya bagi rektor tetapi bagi seluruh sivitas akademika yang ada di UIR,” imbuh Rektor UIR


Selain itu, harapan bagi para civitas akademika UIR tentu harus lebih produktif dalam pengembangan mutu akademik serta prestasi tingkat nasional maupun internasional untuk diisikan sebagai amunisi kita untuk menjadi universitas kelas dunia yang sebenarnya.


Masuknya Universitas Islam Riau selain mendukung perwujudan Renstra 2041 merupakan suatu langkah yang baik dalam mendukung perguruan tinggi agar tidak hanya mengandalkan reputasi semata. sehingga untuk terus berkomitmen dalam upaya mendukung kapasitas dan kualitas pendidikan, penelitian, dan pengabdian masyarakat yang bermutu dan relevan dapat menghadapi tantangan nasional serta global secara menyeluruh. (*)


Editor: M Ikhwan