Pemkab dan Forkopimda Inhu Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila
Cari Berita

Advertisement

Pemkab dan Forkopimda Inhu Ikuti Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila

Rabu, 01 Juni 2022


INDRAGIRI HULU, PARASRIAU.COM - Pemerintah Kabupaten Indragiri Hulu (Pemkab Inhu) bersama Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Inhu, Rabu (1/6) memperingati Hari Lahir Pancasila.


Dipimpin Wakil Bupati (Wabup) Inhu, Junaidi Rachnat, upacara peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2022 diikuti secara virtual di ruang tunggu VIP lantai 4 Kantor Bupati Inhu.


Tampak hadir Sekdakab Inhu Hendrizal, Asisten Pemerintahan dan Kesra Syahruddin dan sejumlah pimpinan OPD di lingkungan Pemkab Inhu.


Upacara Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2022 digelar di Lapangan Pancasila Kota Ende Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dan bertindak sebagai Inspektur Upacara Presiden RI Joko Widodo.


Peringatan Hari Lahir Pancasila 1 Juni Tahun 2022 ini merupakan kali pertama dilaksanakan di luar Gedung Pancasila Jakarta.


Dalam amanatnya, Presiden RI Joko Widodo menyampaikan, bahwa Kota Ende adalah tempat Presiden Pertama RI Bung Karno merenungkan dan merumuskan Pancasila, yang kemudian disahkan PPKI sebagai dasar negara dan mewariskan Pancasila bagi bangsa dan negara.


“Saya mengajak anak-anak bangsa untuk membumikan Pancasila dan mengaktualisasikan nilai-nilai luhur Pancasila dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara,” kata Presiden Joko Widodo.


Dalam kesempatan itu, Presiden Joko Widodo juga mengajak para pemimpin bangsa, seperti pejabat pemerintah, pimpinan partai politik, tokoh agama dan tokoh masyarakat untuk menjadi teladan dalam aktualisasi nilai-nilai pancasila.


Usai rangkaian upacara, tampak Presiden Joko Widodo yang mengenakan Baju Adat Ende, yakni Ragi Lambu-Luka Lesu didampingi Ibu Iriana Joko Widodo dengan memakai baju adat yang sama mengunjungi Taman Perenungan Bung Karno.


Turut hadir dalam upacara tersebut Wakil Presiden RI, Ketua MPR RI, Wakil Ketua DPR RI, Kepala BPIP, Menteri Kabinet Indonesia Maju, Gubernur NTT dan Gubernur seluruh Indonesia, Bupati/Walikota seluruh Indonesia serta undangan lainnya. (*/rls)


Editor: M Ikhwan