UIR Jadikan Safari Ramadhan Momentum Wujud Tanggung Jawab Sosial Pada Masyarakat
Cari Berita

Advertisement

UIR Jadikan Safari Ramadhan Momentum Wujud Tanggung Jawab Sosial Pada Masyarakat

Selasa, 19 April 2022



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Direktorat Dakwah Islam Kampus (DDIK) Universitas Islam Riau (UIR) melaksanakan safari ramadhan 1443 H ke masjid-masjid sekitar lingkungan UIR.


Rangkaian kegiatan yang berlangsung dari tanggal 12 hingga 22 April 2022 mendatang ini sebagai bentuk mendukung terwujudnya visi UIR menjadi Universitas Islam yang berbasis keimanan dan ketaqwaan kepada Allah SWT.


“Pelaksanaan Safari Ramadhan ini merupakan kegiatan rutin UIR selama hampir empat tahun terakhir. Selain melaksanakan safari, kita juga memberikan bantuan berupa uang tunai kepada masjid tersebut. Dan ada beberapa masjid serta mushala di sekitar kampus UIR yang dijadikan prioritas DDIK untuk diberikan bantuan. Bantuan tersebut kita harapkan dapat dipergunakan dengan sebaik-baiknya untuk penambahan serta perbaikan fasilitas masjid," ujar Direktur DDIK UIR Dr Anton Afrizal Candra SAg MSi  melalui release yang dikirimkan ke media, Senin (18/04/2022).


Dr Anton menyebutkan, kegiatan Safari Ramadhan ini tentu tidak lepas dari peran pimpinan yaitu Rektor dalam mendukung terselenggaranya program. Rektor UIR dalam hal ini tidak hanya memberi persetujuan kegiatan tetapi juga ikut serta mengunjungi masjid-masjid tersebut.


“pendanaan dari kegiatan ini berasal dari anggaran UIR yang telah kita pos untuk sedekah dan sosial. Terkait jumlah rumah ibadah yang diberi bantuan, untuk saat ini walaupun hanya beberapa masjid saja yang kita sambangi tetapi pada tahun ini jumlah bantuannya yang kita lebih besarkan dari tahun-tahun sebelumnya,” ungkap Dr Anton.


Kedepannya, Dr Anton mengharapkan, melalui kegiatan ini UIR menjadi institusi yang tidak hanya berfokus pada dunia pendidikan tetapi tidak lupa dalam sisi keagamaan yaitu syiar untuk turut serta meningkatkan kesejahteraan guna kemaslahatan umat. Sehingga bermanfaat bagi masyarakat sekitar serta dapat menjadi ajang silaturahmi jalin ukhuwah islamiyah dengan warga yang tinggal di kawasan Universitas Islam Riau.


"Dalam sebuah hadist dijelaskan, Rasulullah SAW bersabda “Sebaik-baik manusia diantaramu adalah yang paling banyak manfaatnya bagi orang lain” (H.R. Bukhari). Hadist ini merupakan representasi tanggung jawab sosial UIR kepada masyarakat sekitar kampus," sebut Dr Anton.(*)


Editor: M Ikhwan