Pastikan Stok BBM dan LPG, Direksi Pertamina Kunjungi SPBU di Pekanbaru
Cari Berita

Advertisement

Pastikan Stok BBM dan LPG, Direksi Pertamina Kunjungi SPBU di Pekanbaru

Minggu, 03 April 2022



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Direktur Strategi, Portofolio dan Pengembangan Usaha PT Pertamina (Persero), Iman Rachman berkunjung ke sejumlah Stasiun Pengisian Bahan Bakar Umum (SPBU) di Pekanbaru, Riau pada hari pertama puasa Ramadan, Minggu (3/4/2022). 


Pada kunjungan ini, Iman memantau dan memastikan ketersediaan Bahan Bakan Minyak (BBM) dan Liquified Petroleum Gas (LPG) bagi masyarakat.  


Ia mengatakan, pihaknya memahami proses pemulihan ekonomi di Indonesia berjalan lebih cepat, sehingga meningkatkan pertumbuhan aktivitas usaha yang mendorong peningkatan permintaan BBM. 


"Untuk itu Pertamina menjamin terpenuhinya pasokan BBM dan LPG untuk masyarakat khususnya pada bulan Ramadan dan Idul Fitri," ujarnya.


Diakuinya, seluruh Direksi Pertamina Holding dan Subholding telah melakukan inspeksi mendadak (sidak) ke berbagai wilayah di Indonesia. Hal ini dilakukan untuk memastikan tersedianya pasokan BBM dan LPG.  


Khusus wilayah Sumatera Bagian Utara (Sumbagut), Direktur Pertamina Patra Niaga, Alfian Nasution telah berkunjung ke SPBU di Sumatera Barat (Sumbar) pada Jumat (1/4/2022) dan Direktur Logistik dan Infrastruktur PT Pertamina Mulyono telah sidak di Sumatera Utara (Sumut) pada Sabtu (2/4/2022).


"Dari hasil sidak direksi tersebut, di Sumbar dan Sumut sudah tidak ada antrean kendaraan. Saat ini kondisi antrean kendaraan di SPBU Pekanbaru juga sudah terpantau normal," ucap Iman.


Dia menambahkan, Pertamina akan membentuk tim Satuan Tugas Khusus Ramadan dan Idul Fitri (Satgas RAFI) yang akan bertugas mulai tanggal 11 April hingga 10 Mei 2022 mendatang. 

Tim Satgas RAFI ini akan berkoordinasi dengan instansi terkait misalnya Kementerian Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM), Kementerian Perhubungan, Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas), TNI dan Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri).


Iman juga mengapresiasi Polda Riau, TNI dan Dinas ESDM Riau yang telah mendukung pelaksanaan pengawasan pendistribusian BBM subsidi. "Kami terus berkoordinasi dan melakukan edukasi serta sosialisasi bersama seluruh stakeholder dan aparat berwenang dalam mendukung penyaluran BBM subsidi yang lebih tepat sasaran," jelasnya


Pertamina akan menyiapkan layanan-layanan tambahan berupa SPBU Siaga, mobil tangki siaga, motorist, SPBU Kantong dan rest area yang dilengkapi fasilitas kesehatan bagi para pemudik di beberapa titik jalur mudik. Selain itu, Pertamina juga memastikan ketersediaan stok BBM berkualitas yakni Pertamax Series dan Dex Series selalu tersedia di SPBU. 


Pada kesempatan ini, Iman berkunjung ke empat SPBU di Pekanbaru yakni SPBU 14.282.635 Jalan Arifin Ahmad, SPBU 14.282.685 Payung Sekaki, SPBU 14.282.636 Jalan Soekarno Hatta, dan SPBU 14.282.6115 Jalan Sembilang. Dia juga menyapa dan mengapresiasi operator SPBU karena telah menjalankan tugas dengan baik.


"Saya harap teman-teman tetap disiplin dalam berkerja dan semangat menjalankan tugas dengan tetap menerapkan protokol kesehatan. Selamat menunaikan ibadah puasa  bagi umat muslim, mohon maaf lahir dan batin," katanya. pr1


Editor: M Ikhwan