Gubri Ajak Masyarakat Dukung Program Wakaf dan Zakat
Cari Berita

Advertisement


Gubri Ajak Masyarakat Dukung Program Wakaf dan Zakat

Minggu, 24 April 2022

Gubri Syamsuar menyampaikan sambutan saat safari Ramadhan di Masjid Gunung Merah SAS Pekanbaru.


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Dalam rangkaian kegiatan safari Ramadhan 1443 H di Kota Pekanbaru, Gubernur Riau Syamsuar mengajak seluruh masyarakat untuk terus melakukan gerakan progam wakaf dan zakat. 


Hal tersebut disampaikannya kepada seluruh jamaah di Masjid Gunung Merah SAS Pekanbaru, Sabtu malam (23/04).


Gubri menambahkan, potensi wakaf di provinsi Riau ini sangatlah besar terbukti dalam gerakan Riau Berwakaf ada yang memberikan tanah untuk di wakafkan, gerakan ini juga didorong oleh pemerintah hingga para milenial Riau.


"Ada yang memberikan berupa uang dan ada yang memberi berupa tanah, yang dimana letaknya sangat strategis dan mempunyai nilai yang besar. Dengan itulah bagaimana kita bersama-sama bisa memberdayakan tanah tersebut untuk mendorong ekonomi syariah,” katanya.


Gubri mengungkapkan untuk program zakat, pegawai pemerintah provinsi Riau telah diarahkan seluruhnya menggunakan BRK Syariah. “ Seluruh pegawai Pemprov Riau yang muslim telah melakukan zakat melalui sistem payroll BRK Syariah,” ungkapnya.


Selain itu, ia menjelaskan bahwa di Provinsi Riau ini telah diberikan kemudahan dalam berinvestasi, hal tersebut yang membuat Riau berada di peringkat 5 nasional dan terbesar di Sumatera dengan capaian realisasi investasi. “Dengan adanya kemudahan investasi dan izin usaha di Riau inilah yang membuat daerah kita mendapati ranking lima nasional,” jelasnya seperti dilansir mediacenter.riau.go.id.


Perlu diketahui, hal tersebut juga berkaitan dengan penurunan angka covid-19 yang ada didaerah ini yang mendorong banyaknya investor datang dan juga akan menjadi potensi dalam mewujudkan ekonomi syariah.


Pada kesempatan yang sama, Gubri tetap menghimbau masyarakat tidak perlu khawatir akan kelangkaan barang bahan pokok karena pihaknya telah menyiapkan satgas pangan dalam mengatasi kelangkaan, kelonjakan harga, serta mengantisipasi penimbunan bahan pokok.


“Kami bersama Satgas pangan sudah hampir setiap hari memonitor pasar agar tidak terjadi penimbunan sebab jika ada yang melakukan penimbunan itu akan berurusan dengan polisi.” tegasnya.


Wakil Gubernur Riau, Edy Nasution


Wagubri Ajak Masyarakat Pupuk Semangat Berzakat


Sementara itu, Wagubri Edy Nasution menyampaikan bahwa zakat merupakan rukun Islam ke 4 yang wajib ditunaikan oleh umat Islam. Selain hukumnya wajib, berzakat juga diyakini menjadi sumber keberkahan dari penghasilan yang diterima. Melalui zakat juga bisa menolong orang-orang yang kurang beruntung mendapatkan kehidupan yang layak. 


Untuk itu, sebagai bentuk ketaatan terhadap perintah Tuhan Yang Maha Esa dan wujud kepedulain terhadap sesama, Wagubri Edy Natar Nasution mengimbau seluruh masyarakat Bumi Lancang Kuning untuk menunaikan rukun Islam yang ke 4 tersebut. 


"Saya mengimbau kepada masyarakat mari kita pupuk semangat berzakat ini," kata Edy Nasution saat melakukan safari Ramadan ke Masjid Ittihadul Ummah, Jalan Kopkar Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu Kabupaten Kampar, Sabtu (23/4/2022) malam. 


Dalam kegiatan safari tersebut, Edy Nasution menyerahkan Seribu Paket Santunan Idul Fitri sebanyak 1.432 paket senilai 500 juta rupiah dari Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau untuk masyarakat Desa Pandau Jaya Kecamatan Siak Hulu. 


Dikatakan Edy Nasution, bantuan yang diberikan tersebut adalah hasil kumpulan zakat yang telah diserahkan umat Islam kepada amil zakat. "Zakat juga bagian kewajiban kita yang harus ditunaikan," ujarnya. 


Dari tahun ke tahun, Edy Nasution menyebut bahwa zakat di Provinsi Riau terus mengalami peningkatan. "Dengan berzakat, ekonomi umat juga menjadi kuat," pungkasnya. pr2


Editor: M Ikhwan