Diikuti 1 Juta Jamaah, Kemenag Riau Gelar Rapat Skenario Pemberangkatan Haji 2022
Cari Berita

Advertisement


Diikuti 1 Juta Jamaah, Kemenag Riau Gelar Rapat Skenario Pemberangkatan Haji 2022

Rabu, 13 April 2022

Kakanwil Kemenag Riau, Mahyudin didampingi Kabag TU  Asmuni dan Kabid PHU Syahruddin menggelar rapat skenario pemberangkatan haji 2022. int


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Riau, Selasa (12/4) menggelar rapat persiapan menyambut penyelenggaraan ibadah haji tahun 2022 di Aula Kanwil Kemenag Riau. Rapat ini digelar menyusul setelah adanya pengumuman penyelenggaraan haji 1443 H/ 2022 M dengan total jamaah 1 juta orang jamaah. 


Rapat tersebut langsung dipimpin Kakanwil Kemenag Riau, Mahyudin didampingi Kabag TU  Asmuni dan Kabid PHU Syahruddin serta diikuti oleh seluruh tim panitia yang telah ditunjuk untuk bertugas pada musim haji pasca 2 tahun ditutupnya penyelenggaraan haji karena Covid-19.


Kakanwil Kemenag Riau dalam rapat tersebut mengatakan, dalam rapat perdana persiapan menyambut penyelenggaraan haji 2022, maka langkah pertama yang dilakukan menyesuaikan dengan ketentuan Pemerintah Arab Saudi yaitu pelaksanaan haji akan diikuti 1 juta umat Islam dengan ketentuan usia di bawah 65 tahun dan telah divaksin yang diakui Kementerian Kesehatan Arab Saudi.


"Berdasarkan persyaratan tersebut, Kemenag Riau telah mendata calon jamaah haji yang akan diberangkatkan sesuai dengan persyaratan di bawah usia 65 tahun dan dipastikan mereka telah mendapatkan vaksin yang diakui Pemerintah Arab Saudi," ujarnya seperti dilansir mediacenter.riau.go.id.


"Selain itu, kita juga akan mempersiapkan kembali dokumen, menyusun komposisi petugas dan kita juga menyusun opsi-opsi pemberangkatan Jamaah Calon Haji (JCH). Apakah nanti melalui embarkasi antara Riau, Embarkasi Batam atau Embarkasi Medan. Karena nanti akan menyesuaikan jumlah jamaah yang akan berangkat ke tanah suci, apakah jumlah jamaah 100 %, 75 %, 50 % atau 30 %," jelas Mahyudin.


Namun demikian, estimasi dan opsi yang dilakukan Kemenag Riau tetap menunggu keputusan dari pemerintah pusat terkait dengan kuota dan opsi penyelenggaraan haji di embarkasi. pr2


Editor: M Ikhwan