Wartawan se-Riau Berkumpul di Siak untuk Meriahkan HPN 2022 dan HUT PWI ke-76
Cari Berita

Advertisement


Wartawan se-Riau Berkumpul di Siak untuk Meriahkan HPN 2022 dan HUT PWI ke-76

Kamis, 17 Maret 2022



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Sebanyak 60 pengurus PWI Riau, IKWI Riau serta panitia Hari Pers Nasional (HPN) 2022 dan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 PWI tingkat Provinsi Riau, akan bertolak ke Kota Siak Sri Indrapura, Kabupaten Siak, Jumat (18/3/2022). Sedangkan pengurus PWI kabupaten/kota se-Riau diperkirakan berjumlah 100 wartawan juga akan hadir di Siak Sri Indrapura.


Agenda yang dihadiri langsung Ketua Umum PWI Pusat Atal S Depari beserta istri Indah Kirana yang juga Ketua IKWI Pusat ini, dalam rangka menghadiri acara puncak HPN 2022 dan HUT ke-76 PWI tingkat Provinsi Riau, yang diselenggarakan di Negeri Istana Matahari Timur tersebut.


Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang mengatakan, wartawan se-Riau berkumpul di Kabupaten Siak merayakan HPN 2022 dan HUT ke-76 PWI.


'’Sesuai dengan kesepakatan, Jumat (18/3/2022) pukul 08.00 WIB, rombongan telah berkumpul di Kantor PWI Riau, Jalan Arifin Achmad, Pekanbaru dan juga membawa sepeda untuk acara Gowes dan Go Green PWI, yang menjadi salah satu acara pada puncak HPN dan HUT ke-76 PWI tingkat Provinsi Riau, yang dilaksanakan di Siak,’’ ungkap Ketua PWI Riau Zulmansyah Sekedang.


Kemudian, kata Zulmansyah, pukul 08.30 WIB rombongan langsung bertolak menuju Kota Siak Indrapura. Setibanya setelah istirahat, lalu pukul 14.00 WIB rombongan langsung berkumpul di lapangan Siak Bermadah, depan Istana Siak mengikuti pembukan pameran ‘’UMKM Siak Bangkit’’.


‘’Pukul 16.00 sore lalu dilanjutkan dengan seminar UMKM Siak Bangkit bersama 100 pelaku usaha di Gedung Maharatu Siak, rencananya langsung dibuka Bapak Bupati Siak Alfedri,’’ terang pria ramah yang kerab disapa Zum ini.


Selanjutnya, kata Zum, pada pukul 19.30 WIB dilaksanakan welcome dinner di Balairoom Datuk Empat Suku Datuk. Bersempena itu, kata Zum juga sekaligus juga digelar doorprize untuk seluruh wartawan peserta HPN di Siak.


‘’Pada Sabtu (19/3/2022) dilaksanakan wisata Kota Siak, bakti sosial di Panti Asuhan Asshidiqiyah Siak dan Kenduri Syukuran HPN Makan Behidang,’’ ungkap Zum. 


Wisata di Kota Siak antara lain mengunjungi Istana Siak, Masjid Raya, Istana Prapatan, Makam Raja-raja, Siak Lawo dan Tangsi Belanda. Lalu pada pukul 11.00 WIB, makan berhidang sekaligus pembagian bingkisan di Panti Asuhan Asshidiqiyah.


‘’Masih di hari yang sama pukul 14.00 WIB, dilaksanakan Workshop Jurnalistik Pelajar, di Gedung Maharatu Siak. Dan kemudian pukul 16.30 WIB, digelar seminar bertajuk ‘’Tengku Buang Asmara Pahlawan dari Siak" dengan narasumber Datuk Haji Rida K Liamsi dan Tim Pencari Fakta dari Kabupaten Siak,’’ ujar Zum.


Setelah itu, kata Zum lagi pada pukul 20.00 WIB dilaksanakan resepsi HPN di lapangan Siak Bermadah dan sekaligus penyerahan PWI Riau Award kepada Gubernur Riau Syamsuar, Kapolda Riau Irjen Pol Muhammad Iqbal, Bupati Siak Alfedri dan Kepala SKK Migas Sumbagut. Juga akan diserahkan hadiah-hadiah lomba seperti Hadiah LKTJ Raja Ali Kelana, hadiah Turnamen Pingpong PWI, Turnamen Badminton dan Turnamen Domino. Seusainya, kata Zum dilanjutkan dengan peluncuran buku ‘’Taman-taman Nasional Tanah Melayu’’ juga penyerahan simbolis Asuransi Wartawan PWI Riau dari BRI Life.


‘’Esoknya, pada Ahad (20/3/2022) pukul 06.30 WIB dilaksanakan gowes yang melibatkan semua pihak dengan rute depan Istana Siak, Islamic Center. Ini disediakan doorprize, seperti sepeda lipat, televisi, kulkas, sepeda dayung, handhpone dan hadiah menarik lainnya,’’ pungkas Zulmansyah seraya menyebutkan, selamat berjumpa pada HPN 2023 di Kabupaten Indragiri Hilir. (*)


Editor: M Ikhwan