Mahasiswa Prodi Management FE UIR Dilatih Soft Skill Tentang Pemasaran Digital
Cari Berita

Advertisement


Mahasiswa Prodi Management FE UIR Dilatih Soft Skill Tentang Pemasaran Digital

Jumat, 11 Maret 2022

Mahasiswa Prodi Management UIR mengikuti Pelatihan Soft Skill Pemasaran DigitalMahasiswa Manajemen Fekon UIR Dapat Pelatihan Soft Skill marketing digital. ist


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Mahasiswa program studi (Prodi) Management, Fakultas Ekonomi, Universitas Islam Riau (UIR) mendapat pelatihan Pengembangan Soft Skill bidang Pemasaran Produk berbasis digital marketing. Kegiatan diselenggarakan selama dua hari yakni 8-9 Maret 2022.


Acara yang dilaksanakan di Laboratorium Fakultas Ekonomi dan Bisnis tersebut dibuka Dekan Fakultas Ekonomi dan Bisnis, Dr Eva Sundari SE MM CRBC.


Dikatakan Eva, di era digital saat ini untuk memasarkan suatu produk perlu memperhatikan strategi dan keahlian. "Salah satunya dengan cara pemanfaatan digital yang sederhana. Dimulai dari beberapa aplikasi yang mudah diakses di smarthphone yang dimiliki," ujar Eva. 


Eva mengakui, dewasa ini banyak masyarakat yang mulai meninggalkan cara pemasaran yang masih konvensional dan beralih kepada digital marketing. Digital marketing sendiri mempunyai arti memasarkan atau mempromosikan sebuah brand atau produk melalui dunia digital.


Perkembangan teknologi informasi dan pemasaran melalui digital marketing diramalkan akan menjadi titik perubahan teknik memasarkan suatu produk barang dari memasarkan secara konvensional beralih menggunakan pemasaran digital. Bukan hanya pada elemen pemasaran melainkan akan berimbas kepada seluruh kegiatan bisnis secara keseluruhan. Baik itu sebuah bisnis yang sudah berskala besar dan nasional maupun bisnis perorangan yang mempunyai skala kecil.


Dengan latar belakang perkembangan teknologi yang sangat masif itulah menurut Eva maka Fakultas Ekonomi Universitas Islam Riau sebagai wujud implementasi Misi UIR yaitu menyelenggarakan pendidikan berwawasan global yang berbasis iman dan takwa melaksanakan pelatihan pengembangan soft skill kepada mahasiswa program studi Menajemen dengan Tema Pengenalan sekaligus Pengembangan Soft Skill di bidang Pemasaran Suatu Produk Menggunakan digital marketing. 


“Saya berharap kegiatan ini dapat memberikan manfaat kepada para mahasiswa selaku agent of change yang akan membawa perubahan di masyarakat. Berkaitan juga dengan digital marketing ini, bukan hanya bermanfaat bagi mahasiswa tetapi kegiatan ini diharapkan menambah nilai bagi program studi manajemen kita,“ tutur Dr Eva.


Kegiatan itu diisi oleh beberapa narasumber yang terdiri dari akademisi Fakultas Ekonomi dan Bisnis serta mendatangkan juga praktisi yang ahli di bidangnya dari berbagai latar belakang. 


Tampil sebagai narasumber dalam pelatihan tersebut Gilang Nugroho SE MM yang merupakan salah satu Dosen FEB UIR. Dia menyampaikan materi tentang Persiapan Sumber Daya Manusia di era digital.


“Di era digital manusia harus bisa bersaing dengan perkembangan globalisasi. Globalisasi dan digitalisasi tidak dapat dipisahkan karena pengertian dari globalisasi salah satunya menurut para ahli yaitu mendunianya suatu hal sehingga batasan dari suatu negara menjadi hilang. Hal tersebut sejalan dengan pengertian dari dunia digital yang makin mendukung, tidak adanya batasan akibat arus globalisasi tadi,” papar Gilang.


Hal senada juga disampaikan Awliya Afwa SE MM yang merupakan narasumber kedua. Mengusung materi Pengenalan dan Pengembangan Digital Marketing, dia memaparkan bahwa dunia digital merubah perilaku masyarakat dalam hal konsumsi barang baik pelaku usaha maupun konsumennya sendiri. 


Usai pemaparan materi dilanjutkan dengan pelatihan yang dilakukan oleh para praktisi seperti pelatihan teknik pengambilan foto, teknik pengambilan video, pelatihan penggunaan aplikasi Power Point serta pengaplikasian aplikasi editing sederhana seperti Canva. 


Dengan pelatihan yang ditaja oleh program studi manajemen ini output yang diharapkan kepada para peserta yang merupakan mahasiswa menjadi lulusan yang tidak hanya sekedar punya hard skill atau kemampuan pokok di bidang manajemen dan ekonomi saja tetapi diharapkan para mahasiswa juga memiliki kemampuan tambahan seperti soft skill sekaligus mengasah kemampuan tersebut. (*)


Editor: M Ikhwan