Operasi Pasar Murah, Menko Airlangga: Kita akan Benahi Distribusi Minyak Goreng
Cari Berita

Advertisement


Operasi Pasar Murah, Menko Airlangga: Kita akan Benahi Distribusi Minyak Goreng

Kamis, 24 Februari 2022

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto didampingi Gubri Syamsuar yang juga Ketua DPD Golkar Riau saat memborong hasil kerajinan UMKM di lokasi pasar murah. iwn


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto menegaskan akan melakukan pembenahan terhadap distribusi minyak goreng yang selama ini dinilai kurang cepat.


Demikian penegasan ini disampaikan Menko Perekonomian, Airlangga Hartarto (AH) yang didampingi Gubernur Riau, Syamsuar dalam kunjungannya ke Provinsi Riau saat meninjau operasi pasar murah yang dilakukan Pemprov Riau bekerjasama dengan Partai Golkar di lapangan Pelabuhan Pelindo, Kota Pekanbaru, Kamis (24/2).



"Kita meninjau pasar murah ini dengan tujuan membantu masyarakat. Dapat kita saksikan bahwa minyak goreng dalam operasi pasar ini dijual seharga Rp 12 ribu/liter dan dua liter Rp 24 ribu. Sementara yang curah seharga Rp10.500 dan nantinya para pedagang bisa menjual seharga Rp 11.500," urai Menko Airlangga.


Dirinya pun dengan optimis mengatakan bahwa stok minyak goreng masih banyak. Apalagi, katanya, Provinsi Riau ini adalah daerah penghasil CPO. 



"Stok minyak goreng kita masih banyak. Apalagi Riau daerah penghasil dan pengekspor CPO," ujar Airlangga.


Namun, katanya, saat ini yang harus dibenahi adalah sistem distrubusinya saja. Bahkan dirinya mendorong agar distribusi minyak goreng bisa lebih dipercepat untuk kebutuhan masyarakat.


"Hanya distribusinya saja. Dalam kunjungan kali ini kita akan dorong agar sistem distribusinya bisa lebih dipercepat lagi untuk kebutuhan masyarakat," harapnya.


Pantauan di lapangan, dalam operasi pasar ini pemerintah telah menyiapkan sebanyak 1.500 paket sembako untuk dijual di bawah harga eceran tertinggi (HET). Adapun isi paket sembako yang dijual hari ini berupa minyak goreng kemasan, minyak goreng curah, gula dan beras.


Adapun rinciannya yakni minyak goreng kemasan totalnya sebanyak 3.000 liter. Kemasan 2 liter harganya Rp24.000. Untuk minyak curah, ada dua tangki masing-masing berisi 18 ton minyak curah atau sebanyak 36 ton. Harga jual minyak curah saat operasi pasar seharga Rp10.500/liter yang dijual kepada pedagang dan seharga Rp11.500 per liter untuk masyarakat umum. 


Di sela-sela kunjungan di lokasi pasar murah, Menko Airlangga menyempatkan diri untuk menyapa dan menyalami masyarakat. Juga membeli produk-produk UMKM yang dijual di stand-stand bazar. pr2


Penulis: M Ikhwan