Kunker ke Rohil, Danrem 031 Wirabima M Syech Ismed Terima Gelar Datuk Setio Lelo Perkaso dari LAM Rohil
Cari Berita

Advertisement


Kunker ke Rohil, Danrem 031 Wirabima M Syech Ismed Terima Gelar Datuk Setio Lelo Perkaso dari LAM Rohil

Senin, 14 Februari 2022

Bupati Rohil, Afrizal Sintong foto bersama 
Danrem 031 Wirabima Brigjend TNI M Syech Ismed SE.M.Han usai penyematan gelar Datuk Setio Lelo Perkaso. ist


ROKANHILIR, PARASRIAU.COM - Danrem 031 Wirabima Brigjend TNI M Syech Ismed SE.M.Han didampingi istri Ny Fitri Syech Ismed tiba di Kabupaten Rokan Hilir (Rohil) dan disambut  langsung oleh Bupati Rohil Afrizal Sintong bersama Wabup H Sulaiman, Ketua PKK Sanimar Afrizal, Dandim 0321 Rohil Letkol Inf M Erfani, Wakapolres Rohil Kompol Hotmartua Ambarita serta berbagai unsur lainnya di taman budaya Batu Enam, Senin (14/2/2022).


Usai disambut di taman budaya, kemudian Danrem bersama rombongan menuju Mess Pemda Rohil yang berada di Jalan Perwira. Disini, Danrem juga disambut secara adat melayu.


Kemudian, dilanjutkan dengan prosesi penabalan gelar adat oleh LAM Rohil dan diakhiri dengan tepung tepung tawar. Dimana, Danrem diberi gelar Datuk Setio Lelo Perkaso.


Kedatangan Danrem di Rohil dalam agenda kunjungan kerja sekaligus menerima penabalan gelar adat serta pengantar purna tugas sebagai Danrem 031 Wirabima. Dimana, Danrem akan menempati jabatan baru sebagai Kapok Sahli Pangdam Iskandar Muda.


Ketua LAM Rohil H Surya Arfan dalam sambutannya mengatakan, pemberian dan penabalan adat merupakan warisan budaya melayu dan merupakan tanggung jawab LAM.


"Kepada tuan Danrem putra terbaik melayu jati diri Rohil yang telah mengharumkan nama Rohil, gelarini sangat bermakna dan semoga yang menerima mendapatkan berkah dan tuah," katanya.


Surya Arfan juga berharap, setelah Danrem  menyandang gelar adat tersebut nantinya  agar tetap mengingat kampung halamannya serta karir yang di jalani nya terus meningkat. 


"LAM Rohil juga mengucapkan selamat jalan kepada Danrem, selamat menjalankan tugas di tempat yang baru," sebutnya. 


Danrem dalam sambutannya mengatakan bahwa, hari ini merupakan hari kebanggaan, kebahagiaan serta kehormatan bagi dirinya atas pemberian gelar adat oleh Bupati Rohil bersama LAM.


"Didalam pemberian gelar tentu ada makna, dimana itu merupakan doa dan harapan semua orang, karena saya bertugas sebagai Danrem dan saya merupakan warga asli Kabupaten Rohil," jelasnya. 


Apa yang menjadi harapan masyarakat Rohil lanjutnya, tentu akan di junjung dan dipertanggungjawabkan dimanapun dirinya berada.


"Saya berjanji kepada seluruh masyarakat Kabupaten Rohil, saya akan membawa nama baik Rohil dimanapun saya berada," paparnya. 


Danrem juga meminta doa dari semua masyarakat Kabupaten Rohil agar bisa membesarkan dan membagakan Kabupaten Rohil ditempat tugas yang baru. 


Sementara itu Bupati Rohil Afrizal Sintong dalam sambutannya mengatakan, gelar datuk Setio Lelo Perkaso memiliki arti seorang lelaki yang gagah perkasa.


Pemberian gelar ini, lanjut Bupati juga sebagai bentuk penghargaan, penghormatan kepada Danrem yang merupakan putra asli Kabupaten Rohil yang berpangkat Jenderal dan bertugas di Riau.


"Ini merupakan kebanggaan bagi kami, seorang putra asli Rohil menjadi Jenderal dan bertugas di Riau dan nantinya akan bertugas di tempat baru. Kami masyarakat Rohil mengantarkan Danrem untuk bertugas di tempat baru semoga selalu di lindungi allah," katanya.


Dalam kesempatan itu, Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada tokoh masyarakat, tokoh adat, lintas agama serta lintas suku serta mengajak untuk bersama-sama membangun Kabupaten Rohil kedepan agar lebih baik.


Acara penabalan gelar adat itu juga dihadiri ketua DPRD Rohil Maston, Kajari Rohil Yuliarni Appy SH MH, para Asisten, Kepala OPD, Ketua Lembaga tinggi kerapatan adat melayu Rohil H Nasrudin Hasan, tokoh masyarakat, tokoh agama, pemuda, ormas serta berbagai unsur lainnya. (*)


Editor: M Ikhwan