Sebanyak 41.425 Anak Usia 6-11 di Pekanbaru Sudah Divaksin Covid-19
Cari Berita

Advertisement


Sebanyak 41.425 Anak Usia 6-11 di Pekanbaru Sudah Divaksin Covid-19

Senin, 31 Januari 2022

Dok Binda Riau


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Hingga saat ini sudah sebanyak 41.425 orang anak atau 40 persen berusia 6-11 tahun di Kota Pekanbaru yang telah dilakukan vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama. Proses vaksinasi tersebut akan terus dilakukan hingga target yang ditentukan.


"Hingga kini sudah 41.425 anak atau sekitar 40 persen. Sedangkan dosis vaksin lengkap sudah 1.207 anak," ungkap Kepala Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru, dr Zaini Rizaldy Saragih, Minggu (30/1/2022).


Dia menjelaskan, Pemko Pekanbaru menggelar vaksinasi anak dengan berkoordinasi bersama pihak sekolah negeri dan swasta. Vaksinasi COVID-19 untuk anak ini juga bisa didapatkan melalui Puskesmas.


"Vaksinasi anak ada di sekolah, Puskesmas, termasuk di tempat khusus yang kita adakan dengan kerjasama BIN, TNI dan Polri. Namun, kita menyarankan agar tetap dilakukan terkoordinir di sekolah masing-masing," jelasnya seperti dilansir republika.co.id.


Dia menjelaskan, koordinasi dengan pihak sekolah penting dilakukan untuk mencegah kesalahan data. Dengan begitu,  anak yang sudah vaksin dapat terdata dengan baik dan mendapatkan sertifikatnya.


Sebelumnya, Walikota Pekanbaru Firdaus mengingatkan bahwa tidak ada pemaksaan bagi orang tua agar anaknya divaksin COVID-19. Namun, satu hal yang perlu diketahui bahwa orang tua perlu miliki pemahaman yang luas dan lebih lengkap tentang manfaat vaksinasi COVID-19 bagi kekebalan tubuh.


Menurutnya, ini adalah tugas berat semua elemen masyarakat agar membantu menyosialisasikan kepada semua pemilik anak usia 6-11 tahun di Pekanbaru, bahwa vaksin COVID-19 penting untuk menciptakan kekebalan kelompok. Ini juga sebagai program pemerintah guna mencegah penularan virus berbahaya itu di wilayahnya.


"Kita beri kebebasan, tidak ada paksaan. Namun kita juga memberikan edukasi kepada orang tua yang belum mendukung program vaksinasi, karena apa yang dilakukan pemerintah ini merupakan untuk kebaikan kita semua," tutup Firdaus. pr2


Editor: M Ikhwan