Workshop Mentor BBQ UIR, 178 Mahasiswa Terseleksi Sangat Baik Membaca Alquran
Cari Berita

Advertisement


Workshop Mentor BBQ UIR, 178 Mahasiswa Terseleksi Sangat Baik Membaca Alquran

Kamis, 16 Desember 2021



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Universitas Islam Riau (UIR) melaksanakan kegiatan workshop mentor Bimbingan Baca Qur’an (BBQ). Terseleksi mentor BBQ sebanyak 178 orang yang berasal dari mahasiswa UIR yang memiliki kemampuan fasih /sangat baik membaca Al Qur’an.


Kegiatan yang dilaksanakan oleh Direktorat Dakwah Islam Kampus (DDIK) UIR tersebut berlangsung selama Dua hari, 16 dan 17 Desember 2021 dan ini adalah upaya UIR dalam meningkatkan kemampuan baca Al Qur’an bagi seluruh civitas akademika.

 

Dalam arahannya, Rektor UIR Prof Dr H Syafrinaldi SH MCL sangat mengapresiasi kegiatan BBQ ini. Ia juga mengarahkan untuk tetap melanjutkan program sertifikasi baca Al Qur’an bagi seluruh elemen sivitas akademika UIR dan menjadi salah satu Indikator Kinerja Tambahan (IKT) bagi masing-masing tenaga kependidikan, dosen dan unsur pimpinan baik di fakultas maupun rektorat.


“Sebagai pedoman hidup, Al Qur’an tentunya adalah bacaan harian kita karena selain memberikan petunjuk dalam hidup, Al Qur’an pun akan menjadi teman kita nanti di akhirat,” tutur Rektor.


Workshop ini menerapkan target perbaikan taj’wid dan aksara dengan baik dan benar bagi seluruh mentor dalam melaksanakan BBQ.


“Alhamdulillah, kegiatan yang ditaja DDIK dan diprakarsai oleh dosen-dosen terbaik kita ini selain mampu meningkatkan kapasitas UIR di masyarakat yang istiqomah dalam visi berbasis iman dan takwa,” kata Wakil Rektor III Dr Admiral SH MH.


Dia berharap kepada seluruh mentor untuk mengikuti dan menyimak materi yang disampaikan oleh para narasumber ini sebagai bekal dalam melakukan BBQ.


Sementara Direktur DDIK UIR Dr Anton Afrizal Candra SH MH menyebut kalau UIR yang merupakan Universitas Tertua dan berbasis iman dan takwa sesuai Visi UIR tahun 2041 mengejar target Fasih membaca Al Qur’an bagi seluruh mahasiswa UIR yang beragama Islam.


“Kita berharap, sesuai dengan visi baru UIR kita menargetkan seluruh mahasiswa UIR fasih baca al Qur’an,” ujar Dia.


Anton menargetkan melalui program ini selain fasih membaca Al Qur’an, seluruh mahasiswa mampu menghafal ayat-ayat pilihan yang sesuai dengan program studi.


Selanjutnya, DDIK berkomitmen tetap menerapkan test baca Al Qur’an bagi seluruh mahasiswa yang akan melaksanakan sidang akhir bagi seluruh tingkatan Pendidikan.


DDIK dalam kesempatan ini juga merilis data progress kemampuan baca Qur’an bagi seluruh sivitas akademika UIR di tahun 2021, yakni 74% Dosen UIR fasih dan mampu membaca Al Qur’an. 64.8% mahasiswa fasih dan mampu membaca Al Qur’an.


Dalam dua hari pelaksanaan Workshop BBQ, DDIK UIR menghadirkan dosen-dosen terbaik UIR sebagai narasumber yang memiliki kompetensi fasih membaca Al-Qur’an yaitu Dr Saproni M Ed (Dosen Fakultas Agama Islam), Dr Zulkarnaini Umar S Ag M Si (Dosen Fakultas Hukum), Dr Khotami S Sos MA (Dosen Fakultas Sosial dan Ilmu Politik) dan Ary Antony Putra S Pd I MA (Dosen Fakultas Agama Islam). (*)


Editor: M Ikhwan