PWI Riau Studi Jurnalistik Terkait Media Massa di Bali Bertahan di Masa Pandemi
Cari Berita

Advertisement


PWI Riau Studi Jurnalistik Terkait Media Massa di Bali Bertahan di Masa Pandemi

Rabu, 08 Desember 2021

Rombongan studi jurnalistik PWI Riau berfoto bersama di kantor Bali Tribune.


DENPASAR, PARASRIAU.COM - Meski terpaan Covid-19 hampir meluluhlantakkan sejumlah media massa di Indonesia, namun kondisi itu tak mempengaruhi eksistensi Harian Bali Tribune grup.


Kondisi baik itu tergambar saat rombongan Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau melakukan studi jurnalistik ke harian Bali Tribune, Balitribune.co.id, Patroli post.com dan PWI Provinsi Bali, Rabu (8/12).



Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang menyamapaikan bahwa studi jurnalistik bertujuan untuk mengetahui kiat, trik dan strategi apa yang dilakukan media massa di Bali, sehingga mampu bertahan di masa pandemi. Selain itu untuk silaturrahim dan menikmati pariwisata di Provinsi Bali.


Sementara itu, Pemimpin Redaksi Harian Bali Tribune, Djoko Purnomo mengatakan, meski media mereka juga ikut terdampak Covid-19, namun masih mampu bertahan dan eksis hingga saat ini.. Karena, mereka memang sudah punya pangsa pasar dan langganan sendiri, terutama Pemprov Bali dan Pemerintah Kabupaten/Kota.


''Saat ini oplah kami sekitar 5.000 eksemplar, '' ujarnya didampingi Pemimpin Umum/Penanggung Jawab Izarman dan Manajer Marketing IGAA Bintang Aryani seperti dilansir voxindonewa.com.


Bintang menambahkan selain berlangganan, mereka juga punya iklan tetap terutama bidang otomotif yang menjadi andalan Bali Tribune. Bali Tribune juga mengurangi jumlah halaman untuk penghematan. Bali Tribune juga melakukan konvergen media dengan mendirikan Balitribune.co.id dan Patrolipost.com.


Ketua PWI Bali Dwikora Putra mengakui pandemi Covid 19 berdampak terhadap wartawan. Walaupun media cetak bertahan, namun banyak terjadi pengurangan wartawan, akibat efisiensi. Para wartawan ini sebagian besar membuat media online dan TV streaming karena costnya lebih kecil.


Sekretaris PWI Bali Dira Arsana menambahkan, medianya Bali Pos mengurangi halaman dan oplah. Deadline dipercepat terutama untuk kerjasama dengan provinsi dan kabupaten/kota.


''Kerjasama dengan daerah bagus, komitmennya bagus, sehingga advertorial bisa membantu, '' ujarnya. Ada Rp 7,2 miliar dana publikasi di Pemprov Bali yang diperebutkan.


Usai pertemuan, dilakukan tukar menukar cenderamata, baik di kantor Bali Tribune maupun di kantor PWI Bali. Dari Bali diterima plakat berbentuk pura. Sedangkan PWI Riau menyerahkan jeket parasut berlogo PWI Riau. pr2


Editor: M Ikhwan