Hadiri Rapat Pencegahan HIV, Wabup Rohil Berharap Sosialisasi HIV/AIDS Hingga Level Bawah
Cari Berita

Advertisement


Hadiri Rapat Pencegahan HIV, Wabup Rohil Berharap Sosialisasi HIV/AIDS Hingga Level Bawah

Sabtu, 11 Desember 2021



ROKANHILIR, PARASRIAU.COM - Wakil Bupati H Sulaiman SS, MH menghadiri Rapat Koordinasi Daerah KPA Provinsi Riau di Pekanbaru, Sabtu (11/12/2021).


Kegiatan yang dilaksanakan di Ballroom Hotel Grand Zuri Pekanbaru dihadiri oleh masing-masing Kabupaten/Kota dan dibuka oleh Plt Sekjend Kemendagri RI, DR.H.Suhajar Diantoro, MSi. 



Pencegahan atau penanggulangan HIV/AIDS harus disikapi serius oleh seluruh pihak. Harapannya untuk masing-masing organisasi terkait dan jajaran pengurus komisi penanggulangan AIDS agar dapat bersinergi dengan Satker atau OPD teknis supaya memberikan sosialisasi kepada masyarakat tentang bagaimana persisnya HIV/AIDS dapat dicegah penularannya. Termasuk juga peran serta aktif dari masyarakat agar dapat berpartisipasi dalam mengantisipasi dan penanggulangan HIV atau AIDS di Provinsi Riau. 


Tujuan kebijakan tentang HIV/AIDS banyak diatur oleh Pemerintah Pusat mencakup serangkaian keputusan dan kebijakan serta aksi yang merujuk ke lembaga, organisasi serta sistem penyedia layanan dan pendanaan terkait dengan HIV/AIDS. Konteks kebijakan HIV/AIDS ini oleh pemerintah akan melingkupi kondisi politik, ekonomi dan sosial budaya di tingkat internasional, regional, nasional dan daerah. 


Makanya perlu sinergitas dari pusat maupun daerah agar program ini tetap berjalan dan berkesinambungan supaya tidak menjadi momok bagi masyarakat dan memberikan rasa aman di lingkungannya ke depan terkait Pencegahan dan Penanggulangan HIV. 


Wakil Bupati Rokan Hilir H Sulaiman SS, MH yang didampingi Kabid IKP Diskominfotiks Hasnul Yamin menyampaikan harapannya agar organisasi yang berafiliasi dengan pemerintah ini untuk tetap melakukan sosialisasi sampai ke tingkat bawah,  bahkan hingga level kecamatan. 


"Dengan koordinasi dan kerja sama yang baik, maka apa yang menjadi konsentrasi kita di program ini tercapai dengan maksimal demi masyarakat," pungkasnya .


Hadir juga pada kesempatan itu Plt Kadis Kesehatan Kabupaten Rokan Hilir Cici Sulastri SKM, Perwakilan dari KPA Rokan Hilir Isliyanto. (*)


Editor: M Ikhwan