Dua Pengurus FPK Riau Pemakalah di Acara Peningkatan Efektivitas Tugas FPK di Bengkalis
Cari Berita

Advertisement


Dua Pengurus FPK Riau Pemakalah di Acara Peningkatan Efektivitas Tugas FPK di Bengkalis

Kamis, 23 Desember 2021



BENGKALIS, PARASRIAU.COM - Ketua Forum Pembauran Kebangsaan (FPK) Riau AZ Fachri Yasin dan Wakil Ketua Fakhrunnas MA Jabar tampil sebagai pemakalah pada acara Pertemuan  Kegiatan Peningkatan Efektivitas Tugas FPK di Kabupaten Bengkalis yang ditaja Bakesbang Bengkalis di Gedung Daerah Datuk Laksemana Raja Dilaut, Bengkalis, Selasa (21/12/2021).


Pada pertemuan itu, AZ Fachri Yasin menyampaikan makalah berjudul FPK Mitra Pemerintah dan Fakhrunnas dengan makalah Peran Strategis Paguyuban Etnik/Asal Daerah dalam Penguatan Organisasi FPK.


Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bupati Bengkalis diwakili Asisten Bidang Umum dan Pemerintahan Aulia. 


Tampak hadir, Ketua FPK Kabupaten Bengkalis, Sujarno SH dan pimpinan organisasi kemasyarakatan lainnya.


Kaban Kesbangpol Bengkalis Drs Hermanto Baran selaku penanggungjawab acara melaporkan, kegiatan ini bertujuan untuk meningkatkan peran FPK sekaligus koordinasi dan komunikasi yang efektif di kalangan pengurus dan anggota FPK se Kabupaten Bengkalis. 


Acara ini diikuti sekitar 90 peserta utusan pengurus FPK Kabupaten Bengkalis, kecamatan dan desa, tokoh masyarakat adat dan tokoh agama se-Kabupaten Bengkalis. 


Bupat Bengkalis diwakili Asisten Administrasi dan Umum, Aulia SP saat membuka acsra ini secara resmi mengatakan, kegiatan pertemuan FPK ini harus sejalan dengan visi Kabupaten Bengkalis yakni Menjadi Kabupaten Bengkalis yang  Bermarwah, Maju dan Sejahtera sebagaimana sudah dicita-citakan selama ini.


Fachri Yasin dalam pemaparannya mengatakan, masalah pembauran kebangsaan sangat komplek karena menyangkut banyak aspek sosial, budaya, ekonomo dan politik. Pembauran kebangsaan tidak hanya ditujukan pada kaum tertentu, golongan mayoritas dan minoritas. Tetapi mengarah pada pembauran etnik dan suku. Tapi pembauran antar golongan untuk meningkatkan kerukunan umat beragama.


Fachri mengatakan, FPK sebagai mitra pemerintah bertugas untuk memjaring aspirasi masyarakat, menyelenggarakan forum dialog, menyelenggarakan sosialisasi kebijakan pembauran dan merumuskan rekomendasi.


Sementara Fakhrunnas MA Jabbar mengungkapkan keberadaan FPK yang menghimpun paguyuban atau kelompok sosial dalam wilayah NKRI merupakan keniscayaan guna mengikat hubungan baik antar etnik dan saling menghormati dan menghargai. (*)


Editor: M Ikhwan