Bupati Alfedri Tanam Pohon Matoa di Peringatan Hari Pohon se-Dunia
Cari Berita

Advertisement


Bupati Alfedri Tanam Pohon Matoa di Peringatan Hari Pohon se-Dunia

Minggu, 21 November 2021


 

SIAK, PARASRIAU.COM - Hari pohon sedunia diperingati sebagai bentuk kampanye menanam pohon. Pohon sangat bermanfaat bagi kehidupan makhluk hidup. Peringatan world tree day 2021 atau pohon se-dunia yang jatuh pada Minggu (21/11/2021) ini diperingati dengan kampaye menanam pohon.


"Hari ini saya bersama pak wabup menanam pohon. Ini kami lakukan dalam rangka peringatan hari pohon se-dunia. Sesama manusia, ada baiknya kita turut mengingatkan untuk menjaga lingkungan, dengan menanam pohon. Sebab, pohon adalah sumber oksigen untuk dihirup manusia. Tanpa pohon, manusia tak akan bisa hidup," ujar Alfedri di Benteng Hulu, Minggu (21/11/2021).


Alfedri mengulas, manfaat pohon bagi makhluk hidup, pohon termasuk tumbuhan hijau yang dapat menghasilkan oksigen. Oksigen adalah gas yang dibutuhkan makhluk hidup seperti manusia dan hewan untuk bernapas.


"Selain menghasilkan oksigen, tumbuhan juga dapat menyerap karbon dioksida, yaitu kandungan gas yang beracun. Mengendalikan suhu, mengurangi polusi udara, mencegah perubahan iklim dan bahan obat-obat gerak. Sebagian pohon dan tumbuhan memiliki manfaat untuk kesehatan, misalnya daun-daun pohon tertentu yang dapat dijadikan obat gatal.Bagian pohon yang lain juga dapat dijadikan bahan obat misalnya getah pohon dan bunganya. Selain menjadi penyejuk lingkungan, pohon-pohon tertentu memberikan manfaat sebagai bahan obat herbal," urainya.


Kegiatan itu juga di hadiri Asisten Pemkesra, Kadis BLH, Kepala BKSDA Riau, Penghulu dan juga di ikuti para Non Goverment Organization (NGO) Lingkungan yang tergabung di "Sodagho Siak".


Ia juga menjelaskan dukungan pemkab Siak dalam menyelamatkan hutan dan alam melalui program Siak Hijau. Bagaimana menyelamatkan hutan primer yang tersisa serta menjaga hutan gambut dari kerusakan. 


"Peringatan world tree day 2021 atau pohon se dunia yang jatuh hari ini, nyambung dengan komitmen Siak Hijau. Langkah kita dalam menyelamatkan lingkungan tidak hanya pemerintah, Pemerhati lingkungan namun kita ingin di dukung seluruh stakeholder yang ada di Siak," pintanya. 


Ia mengucapkan terimkasih kepada NGO Lingkungan yang mendukung pemerintah daerah dalam pengkampanyekan penyelamatan lingkungan. "Hari ini banyak kegiatan yang di taja rekan-rekan NGO, mulai dari diskusi Forest Art : Zamrud Siak Hijau yang di tayangkan di youtube, pementasan bertema lingkungan dan tanam pohon. Yang acaranya kita dukung di laksanakan di tangsi Belanda," terangnya. ***