Studi Komparatif, Dekranasda Kota Bukittinggi Kunjungi Dekranasda Kota Siak
Cari Berita

Advertisement


Studi Komparatif, Dekranasda Kota Bukittinggi Kunjungi Dekranasda Kota Siak

Rabu, 27 Oktober 2021



SIAK, PARASRIAU.COM - Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kota Bukittinggi melakukan kunjungan studi komperatif ke Kabupaten Siak, Selasa (26/10/2021).


Rombongan yang diwakili langsung oleh Ketua Umum Dekranasda Kota Bukittinggi, Nurna Eva Karmila Marfendi tersebut disambut hangat Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Ananda Laila Putri di Balairung Datuk Empat Suku Komplek Perumahan Abdi Praja.


Turut hadir dalam acara kunjungan ini, Kepala DPMPTSP Perindustrian dan Ketenagakerjaan Kota Bukittinggi Isra Yonza, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Siak Fauzi Asni, Ketua Dharma Wanita Kabupaten Siak Raudah, Seluruh pengurus Dekranasda Kabupaten Siak dan Dekranasda Kota Bukittinggi.


Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Siak Ananda Laila Putri, dalam sambutannya menyampaikan ucapan teri makasih dan rasa senang serta bangga atas kunjungan Dekranasda Kota Bukittinggi ke Kota Istana.


"Semoga ke depannya dengan kunjungan ini kita bisa saling berbagi informasi dan inovasi serta ide-ide. Sehingga, kita saling bersinergi dalam meningkatkan para pelaku usaha dan UMKM serta juga meningkatkan kerjasama kita untuk kemajuan Dekranasda," sebutnya.


Wakil Ketua Dekranasda Kabupaten Siak menambahkan, Dekranasda Kabupaten Siak melakukan pembinaan salah satunya adalah pembinaan pengrajin tenun dan batik. Batik Siak tidak lepas dari unsur corak dan motif budaya melayu, dan tenun sudah menjadi warisan budaya melayu.


"Batik yang dimajukan oleh Dekranasda kabupaten siak selain untuk meningkatkan ekonomi pengrajinnya, dekranasda siak juga melakukan suatu kegiatan sosial yang dinamakna Dekranasda berbagi yang ahamdulillah selalu berjalan setiap bulannya dan dilakukan pada setiap hari Jumat," ujarnya.


Wakil Ketua Umum Dekranasda Kota Bukittinggi Nurna Eva Karmila Marfendi mengatakan, pihaknya datang mengunjungi Kabupaten Siak dalam rangka silaturahmi dan mengambil ilmu. Harapannya silaturahmi ini kelak dapat berbalas dan memberikan manfaat bagi semua pihak.


"Kami berharap indahnya Kota Siak ini bisa kami nikmati hari ini, terutama indahnya dari kerajinan. Memang khas tupoksi dari Dekranasda adalah membina UMKM kerajinan" ucapnya.


Usai acara penyambutan di Balairung Datuk Empat Suku, Dekranasda Kota Bukittinggi melakukan kunjungan ke showroom Dekranasda Kabupaten Siak dan selanjutnya berkunjung ke tempat pengrajin tenun dan batik. ***