Sambut Kuliah Tatap Muka Tahun 2022, UMRI Vaksin Dosis I Sebanyak 600 Mahasiswa
Cari Berita

Advertisement

Sambut Kuliah Tatap Muka Tahun 2022, UMRI Vaksin Dosis I Sebanyak 600 Mahasiswa

Rabu, 01 September 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Universitas Muhammadiyah Riau menggelar kegiatan vaksinasi perdana bagi kalangan mahasiswa/i yang diikuti sebanyak 600 peserta. 


Kegiatan yang bertempat di kampus utama Jalan Tuanku Tambusai, Rabu (1/9) bekerjasama dengan Polda Riau. Kegiatan vaksinasi ini merupakan upaya pihak kampus UMRI, untuk menyambut perkuliahan tatap muka yang rencananya akan dilaksanakan pada awal tahun 2022 mendatang.


Setelah sukses melaksanakan program vaksinasi Covid-19 bagi kalangan Dosen dan tenaga pendidik, Universitas Muhammadiyah Riau kini mulai melaksanakan program vaksinasi bagi kalangan mahasiswa dan mahasiswi. Bekerjasama dengan Polda Riau, sebanyak 600 mahasiswa UMRI mengikuti program vaksinasi Covid-19 untuk dosis pertama.


Pelaksanaan vaksinasi di kampus UMRI ini, dihadiri langsung oleh Kapolda Riau dan jajaran serta didampingi oleh Rektor, Wakil Rektor dan kalangan civitas dilingkungan Universitas Muhammadiyah Riau. Dalam kesempatan ini, Kapolda Riau dan rombongan melakukan peninjauan terhadap pelaksanaan vaksinasi serta menyapa langsung sejumlah peserta vaksinasi.


Dalam kata sambutannya, Kapolda Riau, Irjen Pol Agung Setya Imam Effendi menyebutkan, pelaksanaan vaksinasi ke kampus-kampus merupakan salah satu upaya Polda Riau dalam menyukseskan percepatan program vaksinasi di Riau yang saat ini masih berada di angka 20 persen. Semoga melalui kegiatan ini, pelaksanaan kuliah tatap muka di UMRI bisa segera dilakukan jika sewaktu-waktu status Kota Pekanbaru turun ke PPKM Level 3.


“Penyelenggaran vaksin kali ini bertujuan agar adik-adik mahasiswa mendapatkan vaksin dengan mudah dan cepat, sehingga ketika sewaktu-waktu pembelajaran tatap muka diperbolehkan maka tidak ada kendala lagi. Pastinya, adek-adek mahasiswa UMRI sudah rindu dengan pelaksanaan kuliah tatap muka ini. Vaksinasi merupakan upaya dan ikhtiar kita bersama, agar terhindar dari paparan Covid-19. Saya masih melihat, kasus kematian akibat Covid-19 masih cukup tinggi. Meski saat ini Pekanbaru masih menerapkan PPKM Level 4 hingga tanggal 6 September mendatang, namun kita berharap levelnya bisa turun seiring dengan menurunnya jumlah kasus terkonfirmasi positif Covid-19,” ungkap Irjen Pol Agung, Rabu (01/09).


Sementara itu, Rektor Universitas Muhammadiyah Riau, Mubarak menjelaskan, vaksinasi bagi Dosen dan tenaga kependidikan di lingkungan Universitas Muhammadiyah Riau sudah terlebih dahulu dilakukan dan sudah hampir mencapai angka 100 persen. Sekarang giliran mahasiswa dan mahasiswa UMRI yang menjalani program vaksinasi Covid-19, sebagai persiapan UMRI dalam menyambut pelaksanaan kuliah tatap muka yang rencananya akan dilaksanakan pada awal tahun 2022 nanti.


“Sebelumnya kita bersama Dinas Kesehatan Riau sudah melaksanakan program vaksinasi bagi kalangan Dosen dan tenaga kependidikan, sekarang kita bekerjasama dengan Polda Riau melakukan vaksinasi kepada 600 mahasiswa UMRI. Dari jumlah total sebanyak 7.000 mahasiswa, kita targetkan 70 persen mahasiswa melakukan vaksinasi Covid-19 sehingga bisa terbentuk kekebalan berkelompok atau herd immunity di lingkungan kampus UMRI. Rencananya, UMRI akan melakukan kuliah tatap muka awal tahun 2022 mendatang,” sebut Mubarak.


Salah seorang mahasiswi UMRI jurusan Ilmu Komunikasi, Azeta Yozanti mengucapkan terima kasih tak terhingga kepada pihak Polda Riau karena telah menggelar program vaksinasi Covid-19 bagi kalangan mahasiswa UMRI. Dengan adanya program vaksinasi di  kampus, memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan vaksin Covid-19.


“Saya sangat berterima kasih kepada Polda Riau, yang telah melaksanakan vaksinasi di kampus kami. Dengan telah dilakukannya vaksinasi di kampus, kami berharap perkuliahan tatap muka bisa segera dilaksanakan. Selain itu, kami mahasiswa juga aktif menjadi relawan Vaksin Center RS Bhayangkara Polda Riau. Semoga Polda Riau bisa melaksanakan vaksinasi gelombang kedua di UMRI, agar seluruh rekan-rekan mahasiswa bisa di vaksin,” ungkap Azeta.


Pihak UMRI masih membuka kesempatan kerjasama seluas-luasnya untuk pelaksanaan vaksinasi Covid-19 bagi kalangan mahasiswa, karena mendapatkan pasokan vaksin masih cukup susah. Masyarakat dan mahasiswa juga bisa mendapatkan informasi terbaru tentang UMRI melalui website www.umri.ac.id yang selalu bisa diakses kapan saja dan simana saja. pr1


Editor: M Ikhwan