Pekanbaru Terapkan PPKM Level 2, Dua Minggu ke Depan Ditargetkan Jadi Level 1
Cari Berita

Advertisement

Pekanbaru Terapkan PPKM Level 2, Dua Minggu ke Depan Ditargetkan Jadi Level 1

Rabu, 22 September 2021

ilustrasi


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Rapat yang digelar  Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Kota Pekanbaru, Selasa (21/9) terkait pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM) level 3 menetapkan bahwa Kota Pekanbaru dua minggu ke depan akan menerapkan PPKM Level 2.


Untuk regulasinya, Pemko Pekanbaru akan menyesuaikan dengan aturan pemerintah pusat. "Kita sudah resmi terapkan PPKM level 2. Melihat dari indikator-indikator yang sudah sesuai," ungkap  Walikota Pekanbaru, Firdaus.


Selama PPKM level 2 nantinya, katanya, Pemko Pekanbaru akan fokus dalam mendorong sektor-sektor ekonomi untuk meningkatkan kesejahteraan warga. Meski ada kelonggaran, protokol kesehatan harus tetap diperketat.


"Tim tracing dan testing Covid-19, satgas pengawas disiplin prokes dan vaksinasi harus terus digencarkan. Karena kita tidak boleh lengah, agar pandemi dapat segera berakhir," harapnya.


Lanjutnya, aturan PPKM Level 2 ini tidak jauh berbeda dengan PPKM Level 3. Seperti sekolah tatap muka tetap berlangsung seperti saat ini. Terkait adanya penambahan waktu belajar akan disesuaikan dengan kebijakan pusat dan pertimbangan daerah.


"Kita hari ini masuk PPKM level 2, inikan masih masa transisi. Terkait pendidikan atau sekolah tatap muka, nanti akan kita selaraskan kembali dengan kebijakan pusat dan daerah," paparnya.


Ia juga tidak ingin ada gelombang ketiga kasus Covid-19 di Pekanbaru. Jika warga Pekanbaru tidak disiplin dan kendor melaksanakan protokol kesehatan, akan berbahaya seperti Negara India.


"Kita masih dalam masa transisi dan masih ada satu jenjang lagi yakni level 1 setelah itu baru masuk ke level 0," ujarnya seperti dilansir pekanbaru.go.id.


Ia berharap masyarakat tetap mematuhi Prokes,  agar Pekanbaru bisa masuk ke PPKM level 0. "Oleh sebab itu, prokes harus diterapkan di masa transisi ini," pintanya.


Turun ke PPKM Level Satu


Firdaus juga menargetkan Kota Pekanbaru turun ke PPKM level 1 dalam dua pekan. Untuk itu, dirinya  mengimbau masyarakat untuk menekan penyebaran kasus Covid-19 secara komprehensif agar bisa memasuki level 0. 


Apalagi trend kasus Covid-19 cendrung mengalami penurunan. "Kita targetkan dua pekan bisa masuk dalam PPKM level 1," paparnya, Rabu (22/9).


Walikota mengajak masyarakat agar ikut berperan dalam mencapai target indikator menjadi PPKM level 1. Indikator tersebut bisa dicapai secara bertahap.


"Saat ini untuk level 1 sudah mendekati, apalagi kita sudah bekerja keras selama dua pekan ini," ujarnya.


Dirinya menyebut bahwa selama PPKM level 2 nantinya pemko berupaya meningkatkan sektor ekonomi. Hal ini mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi Covid-19. 


Tim Satgas Penanganan Covid-19 di Kota Pekanbaru juga melakukan upaya penelusuran dan pemeriksaan. Mereka juga mengoptimalkan penanganan Covid-19.


Kota Pekanbaru sudah memasuki PPKM level 2. Penerapannya terhitung, Selasa (21/9) selama dua pekan. PPKM level 2 berlangsung hingga 4 Oktober 2021 mendatang. pr2


Editor: M Ikhwan