Kerjasama Mabes Polri, UMRI Gelar Vaksinasi Merdeka Serentak Sebanyak 4.000 Dosis
Cari Berita

Advertisement

Kerjasama Mabes Polri, UMRI Gelar Vaksinasi Merdeka Serentak Sebanyak 4.000 Dosis

Rabu, 22 September 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Universitas Muhammadiyah Riau (UMRI), Rabu (22/9) kembali menggelar vaksin massal. Kali ini selain untuk mahasiswa juga untuk masyarakat umum.


Pelaksanaan vaksinasi yang digelar selama dua hari tersebut 22-23 September dengan menyediakan kuota sebanyak 4.000 vaksin pertama, bekerjasama dengan Mabes Polri dan Polda Riau. 


"Ini kegiatan vaksinasi kita yang kedua, dan Alhamdulillah dalam pelaksanaan kali ini kita disupport penuh oleh pihak kepolisian yakni dari Mabes Polri dan juga Polda Riau. Tentunya diharapkan kegiatan nantinya bisa membantu masyarakat dalam mendapatkan vaksin dan juga untuk mencapai target menuju herd immunity, "ujar Rektor UMRI, Dr Mubarak yang didampingi Ketua Panitia Mabes Polri, Hermanto Ramora Sinaga kepada Haluan Riau, disela kegiatan vaksinasi, Rabu (22/9). 


Dijelaskannya, dari 4.000 vaksin dosis pertama yang diberikan adalah jenis Sinovac. Di mana pelaksanaan digelar secara bertahap yakni hari pertama (Rabu, red) sebanyak 2.000 vaksin dan sisanya hari ini sebanyak 2.000 vaksin. Sesuai informasi dari Polda Riau, terang Mubarak, untuk Provinsi Riau  angka vaksinasi untuk masyarakat baru mencapai 25 persen. Jumlah itu dianggap masih kurang karena sesuai dengan program pemerintah yakni mencapai angka 70 persen masyarakat sudah divaksin.


Untuk di Riau, lanjutnya, dari informasi yang diperoleh dari Polda Riau, masyarakat Riau yang sudah divaksin baru mencapai 25 persen. Bapak Presiden (Joko Widodo) juga menilai bahwa angka itu masih sangat kurang, di mana butuh 70 persen dari jumlah masyarakat. Sementara untuk UMRI sendiri, juga masih kurang dan diperkirakan baru baru 30 persen, sementara target kita 70 persen mahasiswa dari 7.000 jumlah mahasiswa harus divaksin.


Ia juga menambahkan, dalam acara itu juga dilakukan pemberian bantuan beras bagi masyarakat yang mengikuti vaksinasi sebanyak 5 kg beras. "Pemberian sembako ini diprioritaskan bagi peserta vaksin dari kalangan umum, di mana pihak Mabes Polri telah menyediakan sebanyak 1.500 paket beras," pungkas Mubarak.


Sementara itu, salah seorang peserta Vaksin, Rasya yang merupakan siswa SMA Cendana menuturkan, dirinya sangat berterimakasih karena bisa mengikuti vaksinasi di UMRI. Dirinya, mengakui sudah beberapa mencoba mendaftar untuk vaksin, dan akhirnya bisa di UMRI. 


"Ya Alhamdulillah bisa ikut vaksin, karena selain untuk kesehatan vaksin ini juga sudah menjadi keharus bagi seluruh masyarakat untuk bisa mencegah penularan Covid-19," pungkas Rasya. pr1


Editor: M Ikhwan