Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Siak dan UIN Suska Riau Teken MoU
Cari Berita

Advertisement

Tingkatkan Kualitas SDM, Pemkab Siak dan UIN Suska Riau Teken MoU

Selasa, 10 Agustus 2021

Bupati Siak Alfedri dan Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M. Ag foto bersama usai penandatanganan MoU.


SIAK, PARASRIAU.COM - Untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) di Kabupaten Siak, Pemerintah Kabupaten Siak melaksanakan Penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) antara Pemkab dengan Universitas Islam Negeri Sultan Syarif Kasim (UIN Suska) Riau yang dilaksanakan di gedung Rektor UIN Suska Kota Pekanbaru, Selasa (10/8/2021). 


Saat ditemui usai acara, Bupati Siak Alfedri mengatakan, MoU yang dilakukan antara Pemkab Siak dengan UIN Suska Riau ini bertujuan untuk menjalin kerjasama di beberapa bidang. Yakni pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, ekonomi syariah, teknologi informatika, peternakan dan terkait dengan teknik industri. 


"Kerjasama di berbagai bidang tersebut bertujuan untuk meningkatkan kualitas SDM di Kabupaten Siak. Terutama bagi anak Siak dari keluarga yang kurang mampu, pra sejahtera maupun yang tergabung di dalam PKH. Dengan target 1 sarjana dalam 1 keluarga kurang mampu tersebut," jelas Alfedri. 


Alfedri menambahkan, ada juga beasiswa unggulan daerah bagi siswa/i yang berprestasi. Biasanya akan dikirim untuk belajar di sejumlah universitas di pulau Jawa dan biaya hidup selama belajar di sana dibantu Pemerintah Kabupaten Siak. 


"Dengan adanya kerjasama ini, diharapkan hubungan antara Pemerintah Kabupaten Siak dan UIN Suska Riau semakin baik ke depannya serta saling mendukung dalam peningkatan SDM, keagamaan dan infrastruktur," harap Bupati Siak.


Alfedri juga berharap, dengan semakin banyaknya tingkat pendidikan di Kabupaten Siak, maka anak Siak akan semakin berkualitas, mampu bersaing serta akan menjadikan Kabupaten Siak lebih maju, terbilang dan cemerlang. 


Rektor UIN Suska Riau, Prof. Dr. Khairunnas Rajab, M. Ag menambahkan bahwa pelaksanaan MoU antara Pemerintah Kabupaten Siak dengan UIN Suska Riau sangat menguntungkan kedua belah pihak dalam rangka membangun paradigma baru di tengah masyarakat. 


"Dengan adanya kerjasama ini, UIN Suska Riau akan mempunyai tanggung jawab yang besar, bagaimana secepat mungkin bisa mengorbitkan kader baru untuk setiap bidang yang berkualitas dan siap pakai," ucap Khairunas Rajab. 


Dan untuk tahun 2021 ini, sambungnya, UIN Suska Riau sudah mulai melakukan seleksi terhadap calon mahasiswa asal Kabupaten Siak yang nantinya akan diberikan keterampilan sesuai minat mereka masing-masing. ***