Peresmian FESyar Regional Sumatera 2021 Diharapkan Mampu Dongkrak Ekonomi Riau
Cari Berita

Advertisement


Peresmian FESyar Regional Sumatera 2021 Diharapkan Mampu Dongkrak Ekonomi Riau

Selasa, 10 Agustus 2021



PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Secara resmi event Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera 2021 digelar. Event yang diselenggarakan dalam lima tahun berturut-turut ini, dibuka secara virtual karena masih dalam suasana pandemi, Selasa (10/8).


Dikatakan Kepala BI Riau sekaligus Ketua Panitia FESyar 2021, Decymus bahwa kegiatan Festival Ekonomi Syariah (FESyar) Regional Sumatera sudah digelar sejak 2017 lalu. Mulai dari Sumatera Utara sebagai tuan rumah, kemudian Lampung, Sumatera Selatan, Sumatera Barat dan Riau pada saat ini.


"FESyar 2021 merupakan kegiatan menuju Indonesia Sharia Economic Festival (ISEF) 8th 2021," ujar Decymus.


Menurutnya, FESyar Sumatera 2021 yang digelar 10-15 Agustus 2021 merupakan hasil sinergi antara Bank Indonesia, Pemerintah Daerah dan elemen masyarakat mengusung tema "Bersinergi Membangun Ekonomi dan Keuangan Syariah untuk Memperkuat Momentum Pemulihan Ekonomi Melalui Konektivitas Wilayah". 


Sebelumnya, sebagai pembuka dalam kegiatan ini juga telah digelar beberapa kegiatan diantaranya Tabligh Akbar yang digelar Senin (9/8) kemarin dengan menghadirkan ustad kondang Das'ad Latif, sekaligus menyambut momen tahun baru Islam. 


"FESyar Regional Sumatera 2021 adalah puncak acara dari kegiatan Road to FESyar yang sebelumnya sudah dilaksanakan oleh 13 Kantor Perwakilan Bank Indonesia Wilayah Sumatera," paparnya.


Ada berbagai kegiatan mulai dari webinar-webinar edukasi ekonomi syariah, Gerakan Sadar Wakaf, Pemilihan Pesantren Unggulan dan Pemilihan Lembaga Ziswaf Unggulan. Kemudian ada juga Tabligh Akbar, Showcasing Produk Unggulan UMKM, Business Coaching, Talkshow & Workshop.


Sejumlah perlombaan juga digelar seperti Lomba wirausaha muda syariah, lomba video kesenian tari daerah islami, lomba kreasi busana muslim menggunakan kain daerah Sumatera, Lomba lagu nasyid dan MTQ.


"Mengingat masih Pandemi covid-19, semua rangkaian kegiatan dilakukan secara Live melalui aplikasi Zoom dan YouTube Bank Indonesia Riau," ungkapnya.


Sementara itu Gubernur Riau, Syamsuar menyambut baik pelaksanaan FESyar Regional Sumatera 2021 di Riau. Ia berharap dengan adanya kegiatan itu nantinya dapat meningkatkan perekonomian dan menambah pemahaman masyarakat tentang ekonomi syariah.


"Masih banyak masyarakat kita yang belum paham dengan ekonomi syariah, jadi kita harapkan ada pemahaman dari masyarakat melalui acara itu nanti," harap Gubri.


Syamsuar juga menyambut baik, sebab penyelenggaran FESyar ini bertepatan dengan hari ulang tahun Provinsi Riau ke-64, 9 Agustus 2021. Ia berharap, kesadaran masyarakat di Riau tentang ekonomi dan keuangan syariah semakin meningkat dengan agenda ini.


"Kita akan fokuskan dalam pengembangan ekonomi syariah di Riau, salah satunya dengan upaya menjadikan Bank Riau-Kepri sebagai bank syariah yang saat ini tengah diproses di OJK," pungkasnya. pr1


Editor: M Ikhwan