6.990 Napi di Riau Diusulkan Dapat Remisi
Cari Berita

Advertisement


6.990 Napi di Riau Diusulkan Dapat Remisi

Kamis, 12 Agustus 2021

 

PEKANBARU, PARASRIAU.COM – Sebanyak 6.990 orang narapidana diusulkan untuk mendapatkan remisi umum, disaat momen peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-76 kemerdekaan Republik Indonesia. Usulan ini diajukan oleh Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau untuk narapidana di seluruh Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) dan Rumah Tahanan Negara (Rutan), pada lingkungan kerja Kanwil Kemenkumham Riau.


Usulan remisi ini dibagi menjadi dua kategori yakni Remisi Umum (RU) I, yaitu yang mendapatkan pengurangan masa tahanan sebanyak 6.891 orang dengan rincian 84 orang anak didik Pemasyarakatan (Andikpas) dan 6.807 orang narapidana dewasa. 


Sedangkan untuk kategori usulan Remisi Umum (RU) II atau yang langsung bebas setelah mendapatkan remisi yaitu sebanyak 99 orang.  Rincian 1 orang Andikpas dan 98 orang narapidana dewasa.


Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Riau, Pujo Harinto mengatakan bahwa usulan remisi ini telah diserahkan ke Direktur Jenderal Pemasyarakatan Kemenkumham untuk ditindaklanjuti. 


Pujo menyampaikan, pemberian remisi merupakan hak narapidana yang sesuai dengan Undang-undang Nomor 12 Tahun 1995 tentang Pemasyarakatan yaitu pada pasal 14 ayat (1), serta Keputusan Presiden RI Nomor 174 Tahun 1999 tentang remisi. 


“Narapidana yang diusulkan untuk mendapatkan remisi umum ini telah sesuai dengan aturan yang berlaku, yaitu berkelakuan baik, telah mengikuti program pembinaan dengan predikat baik serta telah menjalani masa pidana lebih dari 6 (enam) bulan,” kata Pujo, Kamis (12/8/2021).


Pujo memastikan proses pengusulan remisi umum ini dipastikan bebas dari praktek pungutan liar, sebab setiap proses pelaksanaan pengusulan menggunakan Sistem Database Pemasyarakatan (SDP) secara otomatis. 


“SDP akan otomatis mengusulkan remisi apabila narapidana tersebut memang telah memenuhi syarat. Begitu pula sebaliknya, sistem akan otomatis menolak. Namun, partisipasi masyarakat tetap diperlukan untuk mengawal proses remisi ini,” ujar Pujo.


Tercatat p
er tanggal 11 Agustus 2021, total warga binaan pemasyarakatan di lingkungan Kanwil Kemenkumham Riau sebanyak 13.982 orang dengan rincian 2.586 orang tahanan dan 11.396 orang narapidana. Sedangkan kapasitas kamar hunian Lapas dan Rutan yang ada di Riau sebanyak 4.455 orang. Ini berarti telah terjadi kelebihan hunian sebanyak 314 persen dari kapasitas yang seharusnya. (pr1)