Terkumpul Rp10,5 M dalam Satu Semester, Wabup Siak Ikut Salurkan Zakat Tahap III
Cari Berita

Advertisement


Terkumpul Rp10,5 M dalam Satu Semester, Wabup Siak Ikut Salurkan Zakat Tahap III

Senin, 05 Juli 2021

 

Wakil Bupati Siak, Husni Merza menyerahkan secara simbolis zakat pola konsumtif tahap III Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Siak pada hari pertama pendistribusian di Kecamatan Kotogasib kepada mustahik di Masjid Nurul Hikmah, Kampung Sri Gemilang.


SIAK, PARASRIAU.COM - Wakil Bupati Siak Husni Merza menyerahkan secara simbolis zakat pola konsumtif tahap III Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Siak pada hari pertama pendistribusian di Kecamatan Kotogasib kepada mustahik di Masjid Nurul Hikmah, Kampung Sri Gemilang.


Wabup Husni Merza menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Siak mengucapkan apresiasi kepada Baznas atas pengumpulan zakatnya semakin meningkat. Pasalnya untuk semester pertama tahun 2021 ini sudah mencapai Rp10,5 miliar.


Selanjutnya dia mengimbau kepada masyarakat khususnya mustahik yang telah menerima manfaat dari zakat agar mendoakan para Muzaki.


"Bantuan Baznas dari para muzaki yang harus disalurkan kepada mustahik senilai Rp700 ribu, mari kita doakan para muzaki agar hartanya semakin berkah," kata Husni, Selasa (6/7/2021).


Tak hanya itu, Wabup juga mengharapkan kepada mustahik agar senantiasa berdoa kepada Allah kalau tahun ini menerima zakat, semoga tahun depan menjadi muzaki atau orang pengeluar zakat.


Sementara itu, Ketua Baznas Siak Abdul Rasyid Suharto Pua Upa menyampaikan target pengumpulan zakat di Baznas Siak tahun ini sebesar Rp20 miliar. "Untuk itu kita berharap menjelang akhir tahun ini target tersebut bisa tercapai," harapnya.


Abdul Rasyid juga menjelaskan beberapa program penyaluran zakat. Khusus pola produktif pada tahun ini sudah memprogramkan sentra ternak kambing dan sapi di tiga lokasi yakni di Kecamatan Dayun, Lubukdalam, dan Kerinci Kanan. Program ini dikoordinir dalam sebuah Lembaga Pengembangan Peternak Mustahik (LPPM).


Kemudian ada program ritel untuk membantu pengusaha kecil dalam bentuk ZMArt di empat kecamatan. Diantaranya Siak, Tualang, Kandis dan Lubukdalam yang total keseluruhannya 80 ZMart di bawah koordinator Lembaga Pengembangan Ekonomi Mustahik (LPEM). "Untuk itu mohon dukungan semua pihak agar usaha kita dalam peningkatan ekonomi para mustahik pola produktif ini bisa berjalan lancar," tutupnya. ***