Bangkitkan Semangat Goro, Wabup Canangkan Gerakan Kamis Bersih
Cari Berita

Advertisement


Bangkitkan Semangat Goro, Wabup Canangkan Gerakan Kamis Bersih

Kamis, 08 Juli 2021


BAGANSIAPIAPI, PARASRIAU.COM - Dalam rangka membangkitkan semangat gotong-royong (Goro) di tengah kehidupan masyarakat, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Rokan Hilir (Rohil) canangkan Gerakan Kamis Bersih. 


Pencanangan itu ditandai dengan pemukulan gong oleh Wakil Bupati Rohil H Sulaiman, Kamis (8/7/2021) di jalan lintas batu tujuh Bagansiapiapi. Selain itu juga dilakukan penaman pohon sebanyak 300 batang oleh Wabup dan Forkopimda.


Gerakan ini selain mengingatkan tentang kebersihan lingkungan, juga merupakan salah satu program 100 hari kerja bupati dan wakil bupati Rohil, Afrizal Sintong-H Sulaiman. 


Kepala Dinas Lingkungan Hidup Suwandi S Sos dalam laporannya mengatakan, Pencanangan ini dalam rangka mensukseskan dan mendukung program kepala daerah khususnya dibidang lingkungan hidup. 


Dikatakan Suwandi, gerakan kamis bersih ini untuk menciptakan udara yang bersih dan nyaman, serta prilaku hidup bersih. 


"Mudah-mudahan dengan gerakan ini nantinya bisa membangkitkan semangat gotong royong ditengah masyarakat, yang saat ini sudah mulai terkikis akibat perkembangan zaman," ungkap Suwandi. 


Suwandi juga menyampaikan kalau pihaknya sudah membuat surat edaran (SE) kepada instansi pemerintah terkait gerakan kamis bersih ini. 


"Surat edaran telah kita layangkan ke setiap Organisasi Perangkat Daerah (OPD), Forkopimda, Camat, Lurah/Penghulu agar melakukan gotong royong setiap hari kamis di lingkungannya masing-masing," jelasnya.


Selain gerakan kamis bersih, juga dilakukan penanaman pohon sebanyak 300 batang dikiri kanan jalan sepanjang 2 kilo meter (Km) yang dimulai dari simpang gong menuju ke batu 7. Selain itu juga dibagikan pohon kepada sekolah adiwiyata. 


Wakil Bupati Rohil, H Sulaiman SS,MH mengatakan kalau gerakan kamis bersih ini merupakan ide dari Bupati Rohilohil, Afrizal Sintong. Ia menegaskan kepada OPD, camat, lurah dan penghulu agar bisa melakukan goro di instansinya masing-masing setiap hari Kamis. 


Tujuan gerakan ini sebutnya untuk mengingatkan kembali akan pentingnya kebersihan di lingkungan masing-masing dan memberikan contoh kepada masyarakat. 


"Gerakan ini serentak dilaksanakan di setiap kecamatan yang ada di rohil," tutup Wabup. (*)


Editor: M Ikhwan