Bupati Alfedri Ajukan Usulan Pembangunan Air Bersih ke Dirjen Cipta Karya
Cari Berita

Advertisement

Bupati Alfedri Ajukan Usulan Pembangunan Air Bersih ke Dirjen Cipta Karya

Selasa, 15 Juni 2021



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Bupati Siak Alfedri bersama Kepala Dinas Pekerjaan Umum Tata Ruang dan Permukiman (PU Tarukim) Siak Ir Irving Kahar M Eng, menemui Dirjen Cipta Karya Ir Diana Kusumastuti, Selasa (15/6/2021) di Jakarta, dan memberikan proposal pengusulan pembangunan air bersih untuk Kawasan Industri Tanjung Buton (KITB) dan untuk beberapa kampung di kecamatan Sungai Apit.

 

“Alhamdulillah, kita diterima dengan baik dan diberikan kesempatan untuk mengekspos proposal kita,” kata Alfedri.

 

Ia menguraikan, proposal pembangunan air bersih disampaikan untuk kampung Mengkapan, Sungai Rawa, Rawa Mekar Jaya dan kampung Penyengat. Selain itu, dalam proposal itu juga ada proposal untuk penanganan penyelesaian kota Perawang dan Kandis.

 

“Kita beraudiensi dengan Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Ibu Diana dan Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan Infrastruktur Pemukiman Kementerian PUPR Pak Edward,” kata dia.

 

Tidak hanya itu, dalam kesempatan tersebut Alfedri dan Irving juga menyampaikan proposal untuk pembangunan SPAM Indoor di Mempura. Mengingat pembangunan SPAM Indoor di kecamatan Siak yang dibantu pusat sudah bekerja saat ini.

 

Irving Kahar menambahkan, kesempatan mendapat kesempatan menembus protokoler Dirjen Cipta Karya Kementerian PUPR Diana Kusumastuti mengingat reputasi Pemkab Siak di kementerian tersebut sangat baik. Karena semua pembangunan dari dana Kementerian PUPR di Siak berjalan lancar dan bermanfaat bagi masyarakat selama ini. Rekam jejak Pemkab Siak di Kementerian PUPR sangat baik, apalagi ada inovasi Pemkab Siak pada pemanfaatan hampir semua pembangunan.

 

“Ya saya mendampingi Pak Bupati dalam rangka menyampaikan proposal Pembangunan Instalasi Air Minum (IPA) untuk KITB dan 4 kampung yaitu, kampung Rawa Mekar Jaya, Sungai Rawa, Penyengat dan Mengkapan pada tahun 2022,” kata Irving.

 

Irving juga mengatakan, pada proposal yang diajukan juga memuat proposal pembangunan infrastruktur lingkungan untuk Kandis Kota dan peningkatan kualitas yang bermanfaat perkotaan tahun 2022.

 

“Secara detil proposal proposal tersebut dibahas dengan Direktur Sistem dan Strategi Penyelenggaraan infrastruktur yang dijalankan Ditjen Cipta Karya Kementerian PUPR RI,” kata dia.

 

Irving mengatakan proposal sangat yakin proposal itu dikabulkan Kementerian PUPR sebab dalam proposalnya data sudah lengkap. Kemudian rekam jejak Pemkab Siak dibidang infrastruktur dan pengairan sangat baik. “Insyaallah semua dari anggaran pusat untuk infrastruktur dan pengairan selama ini dilaksanakan dengan baik. Mudah-mudahan proposal yang kami sampaikan untuk pembangunan tahun 2022 diterima oleh pihak Kementerian PUPR,” kata Irving.

 

Ia melanjutkan, proposal ini disampaikan mengingat keinginan bupati Siak Alfedri untuk menyelesaikan masalah air bersih di KITB dan 4 kampung di kecamatan Sungai Apit. Fasilitas ini juga erat kaitannya untuk memancing investor masuk ke KITB.

 

“Seban saat ini KITB belum memiliki sumber air bersih yang memadai. Ini adalah investasi untuk pembangunan di lokus-lokus sumber ekonomi masa depan kabupaten Siak,” kata dia. Selain itu, kata Irving, Alfedri juga berkeinginan menyelesaikan wilayah tersebut menjadi kawasan yang ramah lingkungan dan bersih di daerah padat penduduk, yakni di Perawang dan Kandis Kota. “Rencana-rencana ini perlu didukung bersama agar banyak pembangunan yang dilaksanakan dengan anggaran pusat di kabupaten Siak,” kata dia. ***