Silahturahmi ke Kantor PWI Riau, Sukamto: 9 Agustus 2021, Pengelolaan Blok Rokan akan Dialihkan ke Pertamina
Cari Berita

Advertisement

Silahturahmi ke Kantor PWI Riau, Sukamto: 9 Agustus 2021, Pengelolaan Blok Rokan akan Dialihkan ke Pertamina

Kamis, 20 Mei 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Masa kontrak PT Chevron Pacific Indonesia (PT CPI) akan berakhir pada 08 Agustus 2021 mendatang. Ke depan, pengelolaan Blok Rokan akan diambilalih oleh PT Pertamina melalui Pertamina Hulu Rokan (PHR).


"Insya Allah, pengelolaan Blok Rokan akan dialihkan ke PT Pertamina melalui Pertamina Hulu Rokan (PHR) tepatnya tanggal 09 Agustus 2021 pukul 00.00 WIB," ungkap VP Corporate Affairs PT CPI, Sukamto Tamrin saat silaturahmi dengan pengurus Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Provinsi Riau, Kamis (20/05/2021) siang di Kantor PWI Riau.



VP Corporate Affairs PT CPI Sukamto Tamrin saat hadir didampingi Okta Heri Fandi, Yulia Rintawati dan Wahyu. Sedangkan dari pengurus PWI hadir Ketua PWI Riau H Zulmansyah Sekedang, Ketua Dewan Penasehat PWI Riau Helmi Burman serta sejumlah pengurus PWI lainnya.


Dikatakan Sukamto, Blok Rokan merupakan salah satu blok minyak terbesar di Indonesia yang beroperasi lintas 7 Kabupaten/Kota di Riau yaitu Bengkalis, Siak, Kampar, Rokan Hulu, Dumai, Rokan Hilir dan Pekanbaru. Blok ini mengelola lebih dari 10 ribu sumur minyak. 


"PT CPI terus berupaya menjaga tingkat produksi dengan tetap menjalankan komitmen investasi pengeboran. Sejak akhir Desember 2020 hingga saat ini, PT CPI telah mengebor 55 sumur baru. 31 sumur baru di antaranya sudah Put On Production (POP). Untuk menahan laju penurunan alamiah produksi migas di Blok Rokan, dilakukan investasi pemboran yang sudah dilaksanakan sejak akhir  tahun 2020 lalu," ungkap Sukamto.


Dengan pengalihan blok rokan ini, sebut Sukamto, hampir seluruh karyawan PT CPI yang berjumlah 2.900 orang akan beralih ke operator yang baru nanti.


"PHR juga akan melanjutkan program tanggung jawab sosial dan lingkungan. Program ini diprioritaskan untuk meningkatkan kemandirian masyarakat Riau di bidang pendidikan, kesehatan, dan pemberdayaan ekonomi.


"Secara keseluruhan, PT CPI selaku operator Blok Rokan telah menyerahkan data kepada Satuan Kerja Khusus Pelaksana Kegiatan Usaha Hulu Minyak dan Gas Bumi (SKK Migas). Data tersebut di antaranya data kegiatan produksi, eksplorasi, dan pendukung kegiatan operasi," kata Sukamto. 


Ketua PWI Riau, Zulmansyah Sekedang mengucapkan terima kasih kepada PT CPI selaku Mitra yang selalu mendukung kegiatan yang dilaksanakan PWI Riau selama ini.


Kendati, rekan kerja di PT CPI akan berpindah menjadi karyawan Pertamina, Direktur Utama Riau Televisi ini berharap silahturahmi sebagai pertemanan tetap terjaga.


"Kami mengucapkan terimakasih kepada kawan-kawan dari PT CPI yang terus menjaga silaturahmi bersama PWI Riau serta telah mendukung program-program dan kegiatan yang dilaksanakan PWI Riau. Semoga ke depan, kita bisa tetap mendapat dukungan dan bantuan," tutup Zulmansyah. ***


Editor: M Ikhwan