Dinkes Minta 5 Kecamatan Penyumbang Covid-19 Tertinggi di Siak Perketat Prokes
Cari Berita

Advertisement


Dinkes Minta 5 Kecamatan Penyumbang Covid-19 Tertinggi di Siak Perketat Prokes

Minggu, 09 Mei 2021


SIAK, PARASRIAU.COM - Penambahan warga terkonfirmasi positif Covid-19 di Kabupaten Siak pada Sabtu hingga Minggu (7-8/5/2021) mencapai 156 orang. Update penambahan kasus ini masih tertinggi dari Tualang, Sungai Apit, Siak, Mempura, Dayun dan Kandis. Untuk itu, pemerintah kecamatan setempat diminta memperketat penerapan protokol Covid-19 di masing-masing daerah.


Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Siak, dr Tonny Chandra mengatakan, menyebutkan jumlah pasien Covid-19 yang meninggal sudah mendepati angka 100. Artinya, masyarakat yang masih dalam keadaan sehat jangan sampai tertular oleh virus yang tidak nampak mata ini.


"Makanya perlu perketat penerapan prokes ini. Beri teguran warga yang tidak menggunakan masker di luar ruangan. Kemudian setiap pelaku usaha wajib mengingatkan pembeli untuk memakai masker serta mencuci tangan sebelum dan sesudah berbelanja. Saat berada dalam toko atau warung di pasar, warga tetap harus menjaga jarak satu dengan yang lainnya," kata dr Tonni.


Sementara itu, Juru Bicara Penanggulangan Covid-19 Budhi Yuwono yang juga Asisten I Setkab Siak menambahkan hal ini patut menjadi pemikiran bersama untuk mencarikan solusinya.


“Saat ini kami sedang berusaha menciptakan iklim yang kondusif untuk masyarakat agar menyadari pentingnya mematuhi prokes,” ungkap Budhi.


Dikatakannya, jadikan mematuhi prokes sebagai gaya hidup. Sebab tidak bisa dipungkiri, agar terhindar dari Covid-19, hal itu merupakan salah satu jawabannya. Terkait solusi konkret yang dilakukan Pemkab Siak dibantu pemangku kepentingan lainnya, adalah selain melakukan penyekatan, juga menerapkan PPKM skala mikro.


Di samping itu, kami juga melakukan Operasi Yustisi dan operasi berskala lokal untuk menyadarkan masyarakat dalam menerapkan Perda No 4 tahun 2020 tentang Penanggulangan Covid-19 dan Penyakit Menular. ***