Dewan Sorot Ketimpangan Vaksinasi yang Difasilitasi Diskes Pekanbaru
Cari Berita

Advertisement


Dewan Sorot Ketimpangan Vaksinasi yang Difasilitasi Diskes Pekanbaru

Senin, 24 Mei 2021

 

Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru H Suherman

PEKANBARU, PARASRIAU.COM -  Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Pekanbaru menyoroti ketimpangan vaksinasi yang dilakukan Dinas Kesehatan (Diskes) Kota Pekanbaru. 


Hal ini diungkapkan Anggota Komisi III DPRD Kota Pekanbaru H Suherman.Suherman mempertanyakan mengapa Diskes memberikan fasilitas untuk golongan-golongan tertentu, sementara untuk masyarakat awam seperti lansia, Diskes tidak memberikan sosialisasi vaksinasi secara serius, seolah-olah Diskes tidak memperhatikan masyarakat awam untuk prioritas vaksinasi.


"Kita miris melihat dinkes seperti ada perbedaan untuk pemberian vaksin masyarakat biasa dengan orang-orang tertentu. Tidak boleh begitu juga, sebagai Dinkes semua harusnya tidak ada perbedaan. Jangan sampai vaksin ini difasilitasi untuk orang-orang tertentu, ada apa sebenarnya dibalik ini," tegas Suherman, Senin (24/5).


Lanjut Politisi Hanura ini, bahwa masih banyak masyarakat awam dan kalangan menengah membutuhkan vaksinasi gratis ini. Namun tentu perlu adanya sosialisasi dari Dinkes melalui puskesmas-puskesmas yang ada di Pekanbaru.


"Artinya masyarakat keturunan tertentu yang saat ini banyak melakukan vaksin, berarti sudah ada petunjuk dan arahan dari dinkes, sehingga mereka berambisi untuk memvaksinkan diri mereka. Sementara masyarakat kita yang juga membutuhkan vaksin, buta sama sekali dari sosialisasi," ujar Suherman.


Secara nyata Suherman melihat di daerah pemilihannya di Senapelan Payung Sekaki tidak adanya sosialisasi untuk melaksanakan vaksinasi covid 19 ini. Bahkan dirinya telah mengimbau masyarakat untuk melaksanakan vaksin.


"Tapi untuk mendetil tentu tugasnya diskes dan puskesmas yang bekerja sama. Ada poin-poin yang diterangkan ke masyarakat, agar masyarakat paham dan mau melaksanakan vaksinasi. Kita juga pertanyakan sejauh mana sosialisasi vaksinasi covid ini dimasyarakat," ungkap Suherman.


Pekan depan Komisi III akan mengagendakan pemanggilan untuk Kadiskes serta tim gugus Covid kota Pekanbaru.***