Uji Coba SPAM Durolis, Suyatno: Air Bersih Ini Sudah Lama Dinantikan Masyarakat Rohil
Cari Berita

Advertisement


Uji Coba SPAM Durolis, Suyatno: Air Bersih Ini Sudah Lama Dinantikan Masyarakat Rohil

Kamis, 08 April 2021


ROKAN HILIR, PARASRIAU.COM - Uji coba saluran rumah sistim penyediaan air minum (SPAM) regional Rokan Hilir, Dumai dan Bengkalis di wilayah pelayanan Rokan Hilir dilaksanakan oleh Gubernur Riau pada saat ini yang dipusatkan di halaman kantor Kecamatan Rimba Melintang Jalan Lintas Ujung Tanjung Bagansiapiapi, Kamis (8/4/2021).




" Air bersih ini sudah lama dinantikan oleh masyarakat Rokan Hilir. Selamat datang Gubernur Riau di negeri seribu Kubah ini. Sama dengan balik kampong ini (kampong gubri di Jumrah, kecamatan Rimba Melintang,red). Hadir juga saat ini sahabat saya walikota Dumai dan yang mewakili bupati Bengkalis,” ujar Suyatno dalam sambutanya 


Terkait air bersih ini bupati mengucapkan terima kasih kepada menteri PU, pemerintah provinsi Riau maupun kabupaten kota yang ada di provinsi Riau.


“Kita sudah melakukan kesepakatan (MoU,red) pada tahun 2017 lalu. Ini merupakan komitment pemerintah daerah, provinsi Riau maupun pemerintah kabupaten kota,” jelasnya.


Dia menyebut singkatan Durolis tersebut kita kenal dengan Dumai, Rohil dan Bengkalis. Saat ini di Rokan Hilir sudah menjadi kenyataan yang secara bertahap pemerintah kabupaten Rokan Hilir pada setiap tahun menganggarkan sambungan rumah (SR).


“Alhamdulillah hingga hari ini sudah tersambung sebanyak 4170 sambungan rumah yang tersebar di tiga kecamatan,” kata Suyatno.


Pada tahun 2021 ini juga membangun lagi sebanyak 2 ribu SR (sambungan rumah,red). Target yang diberikan pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi sebanyak 8000 SR.


“Insya Allah target dari pemerintah pusat maupun pemerintah provinsi di tahun 2021 akan kami penuhi. Kalaupun itu kurang, tentunya tidak banyak lagi kekurangannya. Karena tahun ini keterbatasan anggaran APBD Rokan Hilir,” katanya.


Tetapi dalam hal air bersih ini pemerintah kabupaten Rokan Hilir sudah komitmen yang kuat bagaimana air bersih ini bisa dinikmati oleh masyarakat Rohil.


“Apa gunonyo sungai Rokan yang panjangnya 350 kilo, dari hulu dan hilir. Potensi yang ada ini yang harus kita kelola dengan baik,” ujarnya.


Oleh sebab itu, program SPAM Durolis ini memang sangat dinantikan oleh masyarakat. Apalagi tidak lama lagi memasuki bulan puasa. Sehingga 4170 masyarakat ini dapat menikmati air bersih.


“Sejak dulu (zaman Belanda,red) di Bagansiapiapi sudah ada water leiding yang pernah dinikmati masyarakat Bagansiapiapi. Namun sekarang tinggal kenangan,” jelasnya.


Dalam kesempatan ini dia ingin program sambungan rumah SPAM regional Durolis ini sampai ke Bagansiapiapi. Bahkan juga di kecamatan lainnya.


“Program ini bertahap.diharapkan semua kecamatan di Rohil teraliri Pamdurolis ni," pungkas Suyatno


Tampak hadir mendampingi gubernur Riau saat uji coba tersebut, Bupati Rokan Hilir H.Suyatno, Kapolres Rohil AKBP Nurhadi Ismanto,SIK,SH, Dandim 0321/Rohil Letkol Inf Agung Rakhman Wahyudi,SIP.MI.Pol, sejumlah pimpinan pratama OPD Rohil, camat Rimba Melintang, camat Bangko Pusako dan Camat Tanah Putih Tanjung Melawan.


Tampak juga pada rombongan gubernur riau Kepala Bappedalitbang Riau Ir Emri Juli Harnis,MT,Phd, Kadis PUPR-PKPP Riau Taufik OH, Kabid Cipta Karya Riau Syafri Afis dan  Kabid Bina Marga Riau Arif Setiawan. Bahkan walikota Dumai ikut hadir dan hadir juga yang mewakili bupati Bengkalis. (rls)


Editor: M Ikhwan