Selama Kepemimpinan Syamsuar, 80 Persen Zakat ASN Riau Disalurkan ke BAZNAS Provinsi
Cari Berita

Advertisement


Selama Kepemimpinan Syamsuar, 80 Persen Zakat ASN Riau Disalurkan ke BAZNAS Provinsi

Sabtu, 17 April 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Seluruh kepala daerah diwajibkan untuk mensukseskan Gerakan Cinta Zakat.


Oleh sebab itu, Gubernur Riau, H Syamsuar menargetkan seluruh jajaran pejabat dan ASN di lingkungan Pemprov Riau akan mulai melaksanakan Gerakan Cinta Zakat pekan depan.


Demikian ditegaskan Gubri usai mengikuti peluncuran Gerakan Cinta Zakat dan Penyerahan Zakat kepada Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) secara virtual yang dilaksanakan di Gedung Daerah Balai Serindit Pekanbaru, Kamis (15/4/21).


Peluncuran Gerakan Cinta Zakat dan Penyerahan Zakat ini langsung dihadiri Presiden Joko Widodo (Jokowi) dan Wakil Presiden H Ma'ruf Amin di Istana Negara.


Dalam arahan Presiden, lanjut Gubri, seluruh kepala daerah wajib mensukseskan Gerakan Cinta Zakat tersebut. Termasuk seluruh ASN dan masyarakat dengan menyalurkannya melalui Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS).


"Tadi kita sudah berbincang dengan Wakil Ketua II Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) Provinsi Riau. Insya Allah minggu depan kita akan mengadakan Gerakan Cinta Zakat di Provinsi Riau," sebutnya.


Sementara Wakil Ketua II BAZNAS Provinsi Riau, H Saidul Amin mengatakan, sebesar 70 persen kutipan zakat di Provinsi Riau berasal dari Aparatur Sipil Negara (ASN). 


"Kutipan zakat kita tahun lalu itu sekitar Rp15 miliar. Sekitar 70 persen dari Rp15 miliar itu adalah (zakat) ASN," ujarnya. 


Saidul menambahkan, pada masa kepemimpinan Gubernur Riau Syamsuar saat ini, tercatat sudah  lebih dari 80 persen ASN yang menyalurkan zakatnya melalui BAZNAS Provinsi Riau. Dia optimistis, kutipan zakat dari kalangan ASN akan terus meningkat. (pr2/mcr)


Editor: M Ikhwan