Diizinkan Sejak Senin, Penumpang Bandara SSK II Pekanbaru Antusias Gunakan GeNose C19
Cari Berita

Advertisement


Diizinkan Sejak Senin, Penumpang Bandara SSK II Pekanbaru Antusias Gunakan GeNose C19

Selasa, 27 April 2021

Ilustrasi


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Sebanyak 126 penumpang moda transportasi udara di Bandar Udara Sultan Syarif Kasim (SSK) II Pekanbaru telah melakukan GeNose C19 tes. Uji ini sebagai syarat penerbangan untuk pencegahan dan penanganan COVID-19. 


Executive General Manager Bandara SSK II Pekanbaru, Yogi Prasetyo, Selasa (27/4) mengatakan, sesuai dengan surat edaran Menteri Perhubungan, untuk dapat menggunakan GeNose C19 test termasuk Bandara SSK II Pekanbaru yang baru mendapatkan izin melaksanakan GeNose C19 tes mulai hari Senin (26/4) lalu. 


“Sekarang baru tahap sosialisasi, jumlah penumpang yang menggunakan GeNose C19 tes, cukup tinggi. Hari pertama mencapai 126 orang yang menggunakan GeNoes C19. Dari hasil yang dijalani sampai saat ini belum ada yang terkomfirmasi positif,” ujar Yogi Prasetyo.


Sementara itu, terkait dengan diberlakukannya pelarangan mudik oleh pemerintah mulai tanggal 22 April hingga 24 Mei 2021, Yogi mengatakan, sampai saat kondisi di bandara SSK II masih normal seperri biasa, dengan jumlah penumpang yang ada di bandara 3.000 perharinya. Belum ada tampak penurnan penumpang.


“Sampai saat ini kalau dilihat bulan sebelumnya sama saja, seharinya rata-rata 3.000 penumpang, masih normal. Kalau di surat edaran (SE) yang ada, itu adendumnya 22 April masih pengetatan mudik. Kemudian 18-24 Mei masa pengetatan mudik pasca nya, kalau masa peniadaan mudik, berdasarkan se 13 mudik itu mulai tanggal 6 sampai 17 Mei,” kata Yogi. (pr2/mcr)


Editor: M Ikhwan