Waspada! Dua Kasus Mutasi Covid-19 B117 Ditemukan di Indonesia
Cari Berita

Advertisement


Waspada! Dua Kasus Mutasi Covid-19 B117 Ditemukan di Indonesia

Selasa, 02 Maret 2021

 



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Tepat satu tahun pandemi Covid-19 di Indonesia, Wakil Menteri Kesehatan (Wamenkes) Dante Saksono Harbuwono mengumumkan dua kasus pertama dari mutasi Covid-19 strain B177 dari Inggris.


"Ada berita yang saya terima dari satu tahun kita melakukan refleksi. Kalau satu tahun yang lalu kita menemukan kasus 01 dan 02 Covid-10. Tadi malam saya mendapatkan informasi bahwa dalam tepat satu satu tahun hari ini kita menemukan mutasi B117 UK mutation di Indonesia," ungkap Dante dalam 1 Tahun Pandemi Covid-19: Inovasi Indonesia untuk Indonesia Pulih Pasca Pandemi, Selasa (2/3/2021).


Dante mengatakan ada dua kasus Covid-19 dengan mutasi B117 di Indonesia. Sehingga, tegas Dante, pandemi Covid-19 di Indonesia yang dihadapi akan semakin berat.


"Ini fresh from the oven, baru tadi malam ditemukan dua kasus. Artinya apa? Artinya kita akan menghadapi pandemi ini dengan tingkat kesulitan yang semakin berat," tegasnya.


Dante mengatakan, sekitar 462 sampel yang dicek dari seluruh Indonesia, ditemukan dua kasus tadi malam. 

"Dari 462 yang sudah kita cek di seluruh Nusantara beberapa bulan ini, kita sudah menemukan dua kasus tadi malam."


Sehingga, kata Dante, refleksi satu tahun Covid-19 menjadi tantangan dalam mengembangkan proses penelitian dan riset dalam menangani pandemi ini harus lebih dipercepat.


"Dan refleksi itu akan membuat tantangan baru kita ke depan untuk mengembangkan proses-proses yang berkaitan dengan riset yang semakin cepat. Model-model penanganan yang lebih baik dan studi-studi epidemiologi secara analitik karena proses mutasi ini sudah ada di sekitar kita," tegas Dante. (sindo)



Editor: Anto Chaniago