Tasyakuran Wisudawan/ti GP7, KH Ma'ruf Ch: Syukur Atas Nikmat adalah Amanah Pendiri Gontor
Cari Berita

Advertisement


Tasyakuran Wisudawan/ti GP7, KH Ma'ruf Ch: Syukur Atas Nikmat adalah Amanah Pendiri Gontor

Rabu, 03 Maret 2021


PEKANBARU, PARASRIAU.COM - Acara tasyakuran para wisudawan dan wisudawati Pondok Pesantren (Ponpes) Darussalam Gontor Putri (GP) 7 Rimbo Panjang, Kecamatan Tambang, Kabupaten Kampar Provinsi Riau, Rabu (3/3) malam di aula Ponpes GP7 Riau berjalan khidmat.



Wakil Pengasuh GP7 KH Drs Ma'ruf Ch dalam sambutannya mengatakan bahwa acara malam ini merupakan syukuran bagi para asatiz dan asatizah yang telah berhasil meraih gelar S1 dan S2 di jenjang kuliah. 



Kegiatan ini juga, lanjutnya, sudah merupakan 'adah (kebiasan) yang dilaksanakan Ponpes Gontor Pusat dan seluruh Ponpes cabang Gontor di seluruh Indonesia bahkan luar negeri untuk tahaddus bin ni'mah (syukur atas nikmat) Allah Subhanahu Wata'ala.


"Ini sesuai amanah Gontor yang sudah diwariskan pimpinan Gontor Almarhum KH Imam Zarkasyi yakni untuk terus melakukan pengembangan ilmu (risalah Ilmi) pengembangan pendidikan (risalah tarbawi) dan pengembangan masyarakat," jelasnya.



Ditambahkannya, adapun jumlah asatiz dan asatizah wisudawan-wisudawati yang telah berhasil menyelesaikan jenjang kuliah S1 dan S2 sebanyak 23 orang. Dan mereka itu tersebar di berbagai universitas ternama di Provinsi Riau antara lain Universitas Islam Negeri (UIN) Suska Riau, Universitas Muhammadiyah Riau (Umri), Universitas Abdul Rab dan STAI Diniyah. Begitu juga jebolan Universitas Darussalam (Unida) Gontor Ponorogo Jawa Timur.



Pada kesempatan yang sama Ketum IKPM Pekanbaru-Riau, H Fajeriansyah, Lc, MA mengatakan, atas nama IKPM Pekanbaru-Riau mengucapkan terima kasih atas undangan ini. 


"Pesan kami untuk adik-adik teruslah berkiprah dan menuntut ilmu dan fokus terhadap apa yang dikerjakan sehingga bisa menggapai apa yang dicita-citakan," pesannya.


Salah seorang wisudawati Ustazah Eka Nur Hidayati mengungkapkan kesan dan pesannya bahwa berkat dukungan, motivasi dan sokongan Wakil Pengasuh Ponpes Darusaalam GP7 KH Drs Ma'ruf Ch yang terus mengasah dan mengasuh dan terus membimbing serta terus memberi semangat mereka sehingga mereka berhasil untuk meraih gelar sarjana.


"Meski di tengah kesibukan aktivitas dan juga jadwal mengajar di Ponpes Darussalam GP7, namun kami masih tetap semangat dan terus berjuang untuk menimba ilmu sesuai amanah Gontor yakni pengembangan ilmu (Tarbiyatul Ilmi). Dan kami juga mendoakan semoga Ponpes Darussalam GP7 terus berkiprah untuk umat. Dan semoga semua teman-teman dan para santriwati nantinya juga mampu meraih keilmuan ke jenjang yang paling tinggi," harapnya.


Pada kesempatan tersebut para alumni juga berkesempatan memberikan wejangan dan sambutan yang disampaikan oleh DR Nurdin Halim, DR Syahrullah Umar dan DR Marabona.


Tampak hadir di acara Tasyakuran tersebut antara lain Wakil Pengasuh Ponpes Darussalam GP7, Ustadz KH Drs Muhammad Ma'ruf Chumaidi, Ketua Umum Ikatan Keluarga Pondok Modern (IKPM) cabang Pekanbaru-Riau, H Fajeriansyah, Lc, MA yang didampingi Sekjend IKPM Pekanbaru-Riau, H Muhammad Ikhwan, Lc, MA, penasehat, pengurus dan anggota IKPM Pekanbaru-Riau antara lain, KH Drs Abdurrahman Qoharuddin, DR. Masyhuri Putra Umar, Lc,MA, DR Nurdin Halim, DR Iskandar Arnel, DR Marabona, DR Syahrulllah Umar, DR Abdi Almaksur, H Afder Darius, MAg, Syahrizal SAg, Siswandi, SHi, Tohir, Dirga Anotha, Nobel serta pengurus dan anggota lainnya. Terkhusus tamu asal Negara Yaman, Muhammad Hamud Hamid Faqih dan para Ustadz dan Ustazah serta seluruh santriwati Ponpes Darussalam GP7 Riau.


Di akhir acara syukuran ini ditutup dengan doa yang dibacakan oleh DR Masyhuri Umar, Lc, MA yang juga dosen di UIN Suska Riau. pr2


Editor : M Ikhwan