Ramadhan Tahun Ini, Masjid Nabawi Bakal Dibuka untuk Shalat Tarawih
Cari Berita

Advertisement

Ramadhan Tahun Ini, Masjid Nabawi Bakal Dibuka untuk Shalat Tarawih

Sabtu, 20 Maret 2021


MADINAH, PARASRIAU.COM - Umat Muslim akan diizinkan untuk melaksanakan sholat tarawih saat Ramadhan tahun ini. Syaratnya, mereka harus tetap mematuhi protokol kesehatan.


"Shalat Tarawih akan dilakukan di Masjid Nabawi selama bulan suci Ramadhan bersama dengan shalat wajib," kata Presiden Urusan Dua Masjid Suci Sheikh Dr. Abdulrahman Al-Sudais dikutip dari Saudi Gazette, Sabtu (19/3).


Selain diizinkannya shalat tarawih, saat ini pengurus Dua Masjid Suci juga tengah menggodok program, target, alternatif, keadaan darurat dan penanganan krisis untuk bulan Sya'ban dan Ramadhan serta Hari Raya Idul Fitri.


Rencana ini bakal disusun secara cermat dengan tetap memperhatikan dampak arahan terbaru terhadap program dan sasaran serta intensitas pengunjung dan jemaah di Masjid Nabawi.


"Tahun ini, di tengah pandemi COVID-19, ditandai dengan kehadiran jamaah di Masjid Nabawi dalam jumlah tertentu, sejalan dengan tindakan pencegahan," kata Al-Sudais.


Nantinya Masjid Nabawi akan ditutup selama setengah jam setelah shalat Tarawih dan akan dibuka kembali dua jam sebelum salat Subuh, kecuali 10 hari terakhir Ramadhan di mana masjid akan dibuka 24 jam.


Kapasitas total jamaah yang boleh masuk area Masjid Nabawi adalah 60.000 orang dalam sekali waktu dengan pemberlakuan jarak sosial. Angka itu terbagi 45 ribu di dalam masjid dan 15.000 di luar masjid.


Para jamaah diizinkan untuk beribadah di dalam masjid dan bagian atap, untuk mengurai kepadatan dan mencegah penularan COVID-19.


Sementara itu, untuk area Raudah akan dibatasi untuk para imam dan pekerja Masjid Nabawi serta kerabat orang meninggal saat ada salat jenazah.


Sebagaimana diketahui, pada Ramadhan 2020, pihak berwenang telah menangguhkan penyelenggaraan shalat Tarawih di Dua Masjid Suci. Ini bertujuan untuk mencegah penyebaran COVID-19. pr2