Pemerintah Buka 1,3 Juta Lowongan CPNS Tahun Ini
Cari Berita

Advertisement

Pemerintah Buka 1,3 Juta Lowongan CPNS Tahun Ini

Selasa, 02 Maret 2021

 



JAKARTA, PARASRIAU.COM - Sebanyak 1,3 juta lowongan akan dibuka pada pendaftaran CPNS 2021 April mendatang. Lowongan itu terdiri dari CPNS dan PPPK.


Dari total kebutuhan 1,3 juta Aparatur Sipil Negara (ASN), sekitar 1 juta lowongan akan dibuka untuk kebutuhan guru PPPK. Lalu sisanya sebanyak 189.000 dibuka untuk kebutuhan CPNS dan PPPK di pemerintah daerah.


"Untuk kebutuhan jabatan lainnya di pemda (di luar guru) ditentukan sekitar 189.000," kata Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Bidang SDM Aparatur Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Teguh Widjinarko, Selasa (2/3/2021) seperti dilansir Detikcom.


Dari jumlah lowongan di luar guru tersebut terdiri dari 70.000 PPPK jabatan fungsional selain guru, dan 119.000 CPNS untuk berbagai jabatan teknis yang sangat diperlukan, termasuk tenaga kesehatan.


Adapun di pemerintah pusat akan dibuka sebanyak 83.000 lowongan untuk CPNS dan PPPK.


"Sementara untuk instansi pemerintah pusat ditentukan kebutuhan sekitar 83.000 dengan persentase 50% PPPK, dan 50% CPNS untuk berbagai jabatan sesuai kebutuhan masing-masing instansi," papar dia.


Menurut Teguh, usulan formasi tersebut sudah disetujui oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati selaku penyedia anggaran pengadaan pegawai pemerintah setiap tahunnya.


"Pada intinya Menteri Keuangan setuju dengan usulan rencana kebutuhan ASN tahun 2021. Selanjutnya, Kementerian PANRB sedang menunggu pertimbangan teknis dari BKN (Badan Kepegawaian Negara) untuk lowongan CPNS ini," katanya. (detik)



Editor: Anto Chaniago